Toyota C-HR Telat Lahir

Mobil Baru

Toyota C-HR Telat Lahir

GENEVA - Toyota menggebrak dunia dengan Toyota C-HR yang akan menjadi lawan bagi Nissan Juke dan Honda HR-V. Ada pihak yang berkomentar kalau kehadiran mobil crossover ini  terlambat.

Padahal Toyota C-HR ternyata sudah dikembangkan sejak 6 tahun lalu. Menurut chief engineer pada C-HR Hiroyuki Koba, awalnya C-HR akan dibangun di platform mobil kecil, tapi pada perkembangannya, Toyota memilih untuk membangunnya di platform Toyota New Global Architecture (TNGA).

"Kami sedang mempelajari tentang platform terbaik (untuk C-HR), dan setelah melihat TNGA, kami berkata 'ini adalah yang terbaik'," kata Koba di Autonews.

Artikel bersambung dibawah

Dengan begitu, C-HR adalah mobil kedua Toyota setelah Prius terbaru yang menggunakan platform TNGA. Paling tidak dengan penggunaan platform ini maka C-HR dimungkinkan untuk menggunakan tiga powertrain berbeda.

Toyota menyediakan varian 1.8-liter dengan motor listrik (hybrid drive) demi meningkatkan pengalaman berkendara sempurna di perkotaan dan luar kota tanpa menghilangkan efisiensi bahan bakar minyak (BBM) di segmen crossover.

Toyota C-HR juga akan tersedia dalam mesin baru kapasitas 1.2-liter turbo tenaga 115 hp (dimiliki Toyota Auris). Mesin ini menyediakan transmisi manual 6-speed atau CVT (Continuously Variable automatic Transmission system). Di samping itu akan tersedia mesin kapasitas 2.0-liter dengan transmisi CVT untuk sejumlah negara.

Namun karena terlalu lama pengembangan C-HR, Toyota seolah terlambat bermain di kelas crossover di saat rival-rival sudah menancapkan kuku mereka di pasar.

"Mereka sedikit terlambat datang ke pesta," ujar analis IHS Tim Urquhart. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support