Toyota Bersiap Luncurkan MPV Baru Berbasis Suzuki Ertiga Tahun Ini

Berita Otomotif

Toyota Bersiap Luncurkan MPV Baru Berbasis Suzuki Ertiga Tahun Ini

NEW DELHI – Toyota dilaporkan berencana merilis multi purpose vehicle (MPV) baru dari basis Suzuki Ertiga untuk pasar India pada 2021.

Di pasar India, Toyota dan Suzuki memang berkolaborasi ‘mesra’ di bidang produk dalam dua tahun terakhir. Toyota sudah beberapa kali meluncurkan ‘jagoan’ baru yang merupakan versi ganti logo (rebadge) dari model Suzuki.

Kabar terbaru, seperti dikutip dari situs Gaadiwaadi baru – baru ini, Toyota Kirloskar Motor sudah sepakat dengan Maruti Suzuki untuk ‘melahirkan’ produk baru dengan basis Ertiga. MPV murah itu dilaporkan sedang dalam pengembangan dan siap meluncur tahun ini, tepatnya pada akhir Agustus mendatang.

Sejak Juli 2019, sudah ada dua model Toyota di ‘Negeri Hindustan’ yang hadir berkat kolaborasi dengan Suzuki. Pertama adalah Toyota Glanza yang merupakan rebadge dari Suzuki Baleno.

Meski hanya model rebadge, Glanza memiliki performa penjualan bagus di sana. Bahkan, model ini masuk daftar empat besar hatchback premium terlaris.

Model kedua adalah Toyota Urban Cruiser. Sport utility vehicle (SUV) kompak yang resmi mengaspal pada 2020 ini berbasiskan Suzuki Vitarra Brezza.

Hingga Januari 2021, Glanza plus Urban Cruiser berhasil terjual dengan total volume lebih dari 50 ribu unit sejak meluncur. Keduanya masuk dalam model – model penting bagi Toyota India, di samping Innova Crysta serta Fortuner.

Perbedaan

MPV baru Toyota berbasis Ertiga, seperti dua produk hasil kolaborasi sebelumnya, akan menampilkan beberapa perbedaan minor. Selain logo yang tentu saja berbeda, Toyota akan melakukan diferensiasi kecil pada sisi eksterior, termasuk di antaranya gril depan dengan desain anyar.

Nama apa yang kelak dipakai Toyota belum terungkap. Model tersebut kabarnya bakal dipatok sebagai MPV berharga terjangkau, di bawah Innova Crysta.

Dapur pacunya menggunakan mesin bensin K15B 1.5-liter, empat silinder, mild-hybrid milik Ertiga. Gelontoran tenaga maksimalnya mencapai 104,7 ps, dengan torsi puncak 138 Nm.

Sebagai padanannya, bakal diberikan transmisi manual lima percepatan atau otomatis torque converter empat percepatan yang juga ada pada Ertiga. [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar