Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Kompetisi Coding Toyota Baru Ada di 2 Negara, Salah Satunya Indonesia

Berita Otomotif

Kompetisi Coding Toyota Baru Ada di 2 Negara, Salah Satunya Indonesia

JAKARTA - Toyota Indonesia menyusul langkah kompatriot mereka di Amerika Serikat yang mengadakan kompetisi coding (membuat program komputer/aplikasi smartphone).

Toyota Amerika Serikat sejak 2015 mempunyai kompetisi bernama Hackaton. Di sana, para anak muda yang lolos seleksi harus membuat aplikasi smartphone dalam waktu 24 jam.

Agen pemegang merek Toyota di Indonesia mulai 2019 ini pun menggelar kejuaraan serupa bernama Toyota Fun/Code. Pemenang edisi pertama adalah tim beranggotakan tiga mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) yang membuat aplikasi rental mobil inovatif tanpa kunci bernama ‘Rento!’.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan mereka bukan bermaksud mengekor ‘Negeri Paman Sam’. Masing-masing, menurutnya, punya obyektif sendiri.

Adapun Toyota Indonesia menginisiasinya karena disrupsi digital yang sangat luar biasa. Mereka ingin mencari ide-ide segar yang bisa mengoneksikan antara bisnis otomotif dengan dunia digital.

“Untuk Indonesia, yang sudah kami alami selama satu-dua tahun terakhir, disrupsi digital memang sangat luar biasa sekali... Seperti platform aplikasi ride sharing, pembiayaan finansial. Jadi rasanya Toyota, dalam menjadi perusahaan mobilitas, rasanya tak mungkin tanpa melibatkan ide yang menghubungkan teknologi ini ke bisnis,” papar Anton saat diwawancarai dalam babak final Toyota Fun/Code 2019 pada akhir pekan lalu di Ancol, Jakarta.

Di sela-sela Tokyo Motor Show (TMS) 2019 yang baru saja berakhir pada 4 November, Toyota Motor Corporation (TMC) mengatakan bahwa mereka akan bertransformasi dari perusahaan perakit mobil menjadi perusahaan mobilitas mulai dari yang massal hingga mengarah ke pergerakan individu dengan beragam teknologinya. Transisi ini akan menantang, seperti saat mereka berevolusi dari perusahaan pembuat mesin jahit menjadi pabrikan otomotif pada 1930-an.

Transformasi itu sendiri sudah dimulai dari pengumuman slogan ‘Start Your Impossible’ di TMS 2017.

“Start Your Impossible itu, kan, salah satu komunikasi Toyota untuk bagaimana kami menjadi perusahaan mobilitas. Jadi ini sangat terhubung (dengan kompetisi coding). Satu adalah anak mudanya, kedua adalah mencari solusi atau ide, ketiga juga masuk ke era mobilitas,” tutup Anton. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang