Toyota Bantah Tertinggal dalam Meluncurkan Mobil Listrik

Berita Otomotif

Toyota Bantah Tertinggal dalam Meluncurkan Mobil Listrik

JAKARTA – PT Toyota Astra Motor (TAM) menampik anggapan bahwa mereka kalah langkah dari kompetitor dalam meluncurkan kendaraan listrik.

Pernyataan tersebut dilontarkan oleh Anton Jimmi Suwandi, Marketing Director PT TAM beberapa waktu lalu. Menurutnya, Toyota bahkan sudah menghadirkan kendaraan listrik sejak lebih dari 10 tahun lalu melalui Toyota Prius Hybrid.

“Jadi TAM sebenarnya sudah memuai elektrifikasi kendaraan sejak lebih dari satu dekade lalu. Ketika itu, kami hanya menjual satu model saja yaitu Toyota Prius Hybrid. Seiring dengan waktu, line up yang ditampilkan pun semakin banyak dan market pun semakin siap dengan teknologi ini. Karena itulah kami juga mulai mengenalkan kendaraan PHEV di awal tahun 2020,” tegasnya.

Lexus UX 300e
Ia pun menambahkan bahwa Toyota tidak akan berhenti di sana. Pekan depan, pihaknya akan meluncurkan Battery Electric Vehicle (BEV) pertama mereka melalui produk Lexus dan diharapkan bisa menjawab kebutuhan pasar di Indonesia.

“Saat ini Kami sudah selangkah lebih maju lagi dengan mengenalkan BEV. Kenapa baru sekarang? Karena memang saat ini adalah waktu yang tepat untuk mengenalkannya. Pasar dan masyarakat sudah lebih siap dalam menggunakan mobil listrik,” tambahnya.

Lexus UX 300e
Sementara itu, Henry Tanoto, Vice President TAM menambahkan bahwa setiap produk yang mereka luncurkan harus mempertimbangkan banyak faktor. Pertimbangan-pertimbangan tersebutlah yang menjadikan TAM terus mampu menjawab kebutuhan pasar dan memimpin penjualan kendaraan.

“Ketika TAM mempersiapkan sebuah teknologi maupun produk, apapun itu pasti banyak faktor yang kami pertimbangkan. Mulai dari teknologi hingga kesiapan marketnya itu sendiri. Termasuk juga tantangan-tantangan yang harus kami antisipasi. Untuk itu kami memasukkan teknologi satu per satu dari HEV hingga BEV,” tegas Henry.

TAM memang baru akan meluncurkan BEV pertama mereka yaitu Lexus UX 300e pekan depan. Mobil tersebut akan mengincar segmen premium yang konsumennya dinilai lebih siap dalam menerima teknologi kendaraan listrik. Tak hanya itu, TAM juga akan memperkuat EV Ecotourism di Nusa Dua, Bali. Dengan ini maka diharapkan masyarakat akan lebih mudah dalam mengenal kendaraan listrik. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar