Toyota Bantah Avanza Facelift Contek Desain Mitsubishi Xpander

Berita Otomotif

Toyota Bantah Avanza Facelift  Contek Desain Mitsubishi Xpander

JAKARTA – Toyota menyangkal Avanza facelift mengimitasi desain Mitsubishi Xpander. Menurut mereka, inspirasi desain datang dari model-model premium Toyota.

Avanza facelift mengaspal pada Selasa (15/1/2019) di Jakarta. Namun, foto-fotonya sudah beredar sejak 2 Januari.

Tanggapan para warganet untuk Avanza facelift pun sejak itu sangat beragam. Salah satunya adalah opini bahwa desainnya mirip Xpander.

Sebagai informasi, Xpander merupakan pesaing terbaru sekaligus terberat Avanza sejauh ini yang muncul pada 2017. Tahun lalu, Xpander sempat mengungguli penjualan Avanza selama sembilan bulan pertama.

Komentar kemiripan Avanza facelift dengan Xpander terutama dipicu oleh desain bemper depannya yang megar. Bemper depannya juga memiliki kisi-kisi besar di sisi kanan-maupun kiri. Namun, jika kisi-kisi Xpander diisi oleh lampu depan, pada Avanza facelift diisi oleh lampu kabut (fog lamp).

“Bagian fog lamp-nya mirip Xpander,” kata akun Facebook bernama Rizan Setyo Nugroho pada awal Januari di kolom komentar foto yang diunggah oleh Deny Hendratno pada awal Januari.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM) mengakui mengetahui desain Avanza facelift memang mengundang banyak pendapat. Salah satu model yang disama-samakan adalah Xpander.

Namun, menurut Anton, pengembangan Toyota dilakukan dengan misi mempertahankan DNA lama Avanza yang terbukti disukai para konsumennya seperti sistem penggerak roda belakang plus ground clearance tinggi. Dua hal ini, di Avanza facelift, ditambahkan lagi dengan memberikan tampilan khasnya sendiri yang unik.

“Sebenarnya inspirasi datang dari model-model Toyota sendiri. Misalnya saja lampu depan split level yang terinspirasi dari Toyota Vellfire serta Toyota Voxy. Kami melihat dari model-model Toyota yang sudah ada dan mempertahankan ciri khas Toyota di sini,” akunya dalam konferensi pers peluncuran.

Avanza facelift memiliki 11 varian, mulai dari yang bermesin bensin 1.3-liter dan 1.5 liter. Harganya sendiri masih sama dengan model lama.

Harga yang sama tersebut akan bertahan setidak-tidaknya hingga akhir kuartal kesatu, saat Toyota melakukan kajian rutin harga-harga mobil mereka. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar