Toyota Avanza Tidak Pernah Punya Rival Berat

Berita Otomotif

Toyota Avanza Tidak Pernah Punya Rival Berat

JAKARTA - Dalam memikat konsumen Tanah Air, Toyota Avanza nyaris tanpa memiliki pesaing kuat. PT Toyota Astra Motor (TAM) juga tidak memiliki strategi khusus hadapi persaingan yang makin memanas di kelas small MPV dengan kehadiran Mitsubishi XM Concept dan Wuling Confero S.

Sejuta topan badai yang diprediksi bakal mengerogoti keberadaan Toyota Avanza sejak 2007, ternyata tidak pernah terbukti sampai saat ini. 

Toyota tetap merajai penjualan di kelas small MPV, malah sudah terjual hampir 1.5 juta unit sejak 2004 dan kini memiliki rata-rata penjualan 10 ribuan unit per bulan. Masyarakat Indonesia sudah terlanjur jatuh hati dan percaya, Toyota Avanza begitu dicintai.

Seperti kita ketahui, kelas small MPV belakangan makin memanas melalui 2 produk baru yang masing-masing memiliki keunggulan unik. Dan dengan ini banyak yang memprediksi bakal menggoyang singasana sang raja, Toyota Avanza.

Yang pertama adalah Mitsubishi XM Concept. Keunggulan small MPV yang namanya baru secara resmi diumumkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 ini terletak pada desain stylish, memiliki konsep gabungan antara MPV dan SUV plus harga bersaing. Keberadaannya diprediksi dapat menggoyang-goyang penjualan Toyota Avanza.

Yang kedua adalah Wuling Confero S. Meski masih dipandang sebelah mata, namun berapa kelebihan dari MPV murah asal China ini sudah mulai membuat calon konsumen mempertimbangkan untuk memilihnya. 

Menanggapi hal ini, PT TAM menanggapi santai dan mengaku tidak memiliki strategi khusus.

"Kita tidak mempersiapkan sesuatu untuk mengantisipasi Mitsubishi XM dan Wuling. Kita lebih memilih ke arah maintenance kebutuhan konsumen. Jangan lupa di kelas MPV, range produk Toyota paling lengkap. Contoh untuk konsumen yang pindah dari sepedamotor ke mobil bisa menggunakan Toyota Calya dan seterusnya," jelas Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager TAM.  

Lebih lanjut Soerjo menambahkan, Toyota Avanza memiliki perbedaan mencolok dengan Mitsubishi XM Concept.

"Avanza itu "kuda beban",cocok untuk karakter Indonesia dan kami menyesuaikan sistem penggeraknya ke roda belakang. Jadi untuk kelas ini fungsi adalah yang utama meski style juga tidak kesampingkan dan terbukti tampilan Avanza menarik di kelasnya," jelas pria yang akrab dipanggil Soerjo ini.

Dengan santai Pria berkacamata ini juga mengatakan, Toyota Avanza tidak benar-benar memiliki pesaing di kelas small MPV. Karena kompetitor lain sama seperti XM Concept, yang selain mementingkan style juga memiliki penggerak roda depan. 

Kendaraan “kuda beban” atau kendaraan berpenggerak roda belakang pada mobil-mobil Toyota diakui Soerjo sudah disiapkan sejak lama. Ini adalah strategi yang dibangun Toyota Indonesia untuk menanggapi market MPV di Indonesia. Intinya di kelas small MPV sejauh ini masih mengutamakan fungsi dari sebuah mobil, cocok untuk beragam kebutuhan dan kondisi jalan. [Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123          
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support