Toyota Avanza, Terjual hampir 1,7 Juta Unit dalam waktu Nyaris15 Tahun

Berita Otomotif

Toyota Avanza, Terjual hampir 1,7 Juta Unit dalam waktu Nyaris15 Tahun

JAKARTA – Toyota Avanza memulai segmen low multi purpose vehicle (LMPV) hampir 15 tahun lalu dan masih terus diminati hingga detik ini dengan jumlah penjualan yang fantastis. 

Avanza hadir pertama kali di pasar otomotif Indonesia pada 2004, untuk menempati segmen kosong peninggalan Toyota Kijang Innova yang ‘naik kelas’. Sebagai mobil keluarga dengan kapasitas tujuh penumpang yang berharga terjangkau, Avanza langsung mendapat respons luar biasa dari publik Tanah Air.

Permintaan pasar luber, membuat harga mobil bekas Avanza sempat lebih mahal daripada unit barunya. Ini merupakan sesuatu yang sangat jarang terjadi di mobil-mobil produksi massal.

Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT. Toyota Astra Motor (TAM), menjadi salah satu konsumen LMPV Avanza di masa-masa awal. Ia mengalami sendiri fenomena ini.

“Saya beli waktu itu masih sekitar Rp 98 juta. Tapi, sewaktu saya jual harganya Rp 120 juta. Belum pernah ada mobil yang beli di awal terus kemudian harganya naik. Avanza ini baru satu-satunya,” ujarnya kepada Mobil123.com.

Hingga kini, mendekati dua dekade kemunculannya, harga jual kembali dari Avanza juga masih terjaga dengan baik, dengan depresiasi minim. Itu yang membuat Avanza masih jadi favorit, tak hanya untuk konsumen perorangan tapi juga untuk dijadikan bisnis.

“Seperti misalnya perusahaan-perusahaan rental mobil. Mereka lebih condong memilih Avanza karena nilai jual kembalinya lebih bagus,” tandas dia.

Hampir 1,7 juta Unit

Persaingan di segmen LMPV boleh makin ketat, pemain-pemain baru boleh berdatangan. Tapi, Avanza masih menjadi mobil dengan total penjualan terbanyak karena sudah terbukti dari berbagai aspek, mulai dari jaringan penjualan dan purnajual, layanan purnajual, hingga durabilitasnya.

Data penjualan wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan bahwa dari 2004 sampai September 2018, sudah beredar hampir 1,7 juta unit Avanza di jalanan Indonesia. Begitu banyaknya model ini di jalanan sampai menimbulkan ungkapan bahwa ‘Avanza adalah mobil yang sulit disalip, karena begitu melewati satu kita akan melihat lagi yang lainnya’. ###



Redaksi Mobil123

Redaksi Mobil123

Kami siap menyajikan informasi terbaru dari dunia otomotif baik itu dari sisi industri, teknologi hingga komparasi mobil terbaru. Terus ikuti kami melalui media sosial Facebook (facebook.com/mobil123), Twitter (@mobil123ID) dan Instagram (@mobil123id)


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support