Spesifikasi dan Harga Toyota Avanza 2021, Masih Pilihan Utama Meski Bukan Lagi yang Terlaris

Panduan Pembeli

Spesifikasi dan Harga Toyota Avanza 2021, Masih Pilihan Utama Meski Bukan Lagi yang Terlaris

Spesifikasi dan Harga Toyota Avanza – Avanza merupakan salah satu produk unggulan Toyota Indonesia. Maka dari itu pengembangan Low MPV (Multi Purpose Vehicle) tersebut dilakukan cukup intens.

Low MPV sendiri di Indonesia merupakan produk yang paling digemari di Tanah Air. Pangsa pasar yang sangat gemuk ini turut dimainkan oleh beberapa pabrikan mobil di Indonesia.

Sejak dihadirkan pada 2005, Avanza menjadi kendaraan keluarga paling digemari. Meskipun terlahir sebagai produk kembar dengan Daihatsu Xenia, namun penjualan Avanza tetap paling laris.

Banyak pabrikan mobil di Indonesia mencoba peruntungan dengan mengeluarkan produk serupa, namun tidak mampu menggeser Avanza dari singgasananya. Sebut saja Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, Chevrolet Spin, dan Nissan Livina yang pernah menjadi penantang dari Avanza.

Namun nama-nama di atas tidak mampu mengalahkan bahkan menyamai angka penjualan Avanza. Kue yang besar di segmen Low MPV memberikan secercah harapan bagi para manufaktur di Tanah Air.

Belakangan hadir sejumlah pemain baru yakni Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero yang semakin meramaikan persaingan. Nama yang pertama disebut mendapat respon cukup baik dari masyarakat sehingga mengancam singgasana Avanza di puncak.

Persaingan mobil di segmen ini juga kian ramai dengan saling beradu fitur unggulan yang ditawarkan. Tentunya hal ini memberikan keuntungan tersendiri bagi para konsumen, terlebih dengan adanya sejumlah potongan harga yang ditawarkan.

Eksterior Toyota Avanza 2021

Pada 2019 PT Toyota Astra Motor (TAM) melakukan penyegaran untuk Avanza, dengan memperkenalkan versi facelift. Tampilan depan unit ini mendapat sentuhan cukup serius dengan menyematkan desain lampu mirip Voxy dan Vellfire.

Walhasil wujud Avanza facelift terlihat lebih modern dan meningkatkan gengsi dari para pemiliknya. Ubahan lain pada bagian eksterior mobil ini tidak terlalu signifikan. Hanya pada varian G ke atas, lampu belakang mobil ini tampak lebih manis.

Toyota Avanza 2021 ditawarkan dengan lampu depan model LED seluruh variannya. Dipadankan dengan grille berkelir krom, membuat wujud mobil menjadi lebih elegan.

Beberapa pemanis kendaraan disematkan seperti aksen lubang angin yang sebenarnya tidak memiliki fungsi apapun. Bentuk foglamp juga mendapat sentuhan ciamik agar terlihat lebih menarik dari edisi sebelumnya.

Ubahan lain yang sebenarnya tidak terlalu kentara namun cukup penting adalah shark fin antenna. Model antenna ini memberikan kesan mewah meskipun bentuknya tidak terlalu terlihat secara sekilas.

Mesin Toyota Avanza 2021

Seperti versi sebelumnya, Avanza ditawarkan dalam dua pilihan mesin yakni 1.5-L dan 1.3-L. Keduanya juga memiliki opsi transmisi manual dan otomatis juga masih mengandalkan gerak roda belakang.

Penggerak roda belakang yang diandalkan oleh Toyota Avanza menjadi salah satu kunci kesuksesannya di Tanah Air. Dengan bermodalkan ini, Avanza dianggap lebih memadai untuk digunakan di berbagai medan di Indonesia yang kontur jalannya cukup beragam.

Jantung mekanis kendaraan ini telah mengadopsi teknologi dual VVT-i. Mesin 1.3-L dari Avanza cukup banyak peminatnya di Tanah Air karena terbukti lebih efisien.

Pada mesin 1.3-L Avanza diklaim mampu menghasilkan daya maksimal sebesar 96.5 ps. Sementara torsi puncaknya mencapai 120 Nm.

Lalu mesin 1.5-L Avanza outputnya sebesar 104 ps dengan besaran torsi puncaknya mencapai 136 Nm. Kedua mesin ini terbukti cukup andal dan yang paling penting perawatannya mudah.

Di pasaran aftermarket sendiri, Avanza memiliki berbagai komponen yang bejibun. Sehingga konsumen lebih leluasa dalam melakukan perawatan rutin pada kendaraan.

Dimensi Toyota Avanza 2021

Toyota Avanza sebagai Low MPV memiliki dimensi panjang 4.190 mm, lebar 1.660 mm dan tinggi 1.595 mm. kendaraan ini memiliki jarak sumbu roda atau wheelbase mencapai 2.655 mm.

Sebagai kendaraan keluarga, Avanza cukup memadai untuk memuat tujuh orang penumpang. Sehingga kendaraan ini sangat dicintai oleh para konsumennya di banyak daerah di Indonesia.

Toyota Avanza 2021 dibekali dengan tangki bahan bakar sebesar 45 liter, sehingga konsumen tidak perlu sering-sering ke pom bensin, selain konsumsinya juga terbilang irit.
toyota avanza 2021

Menjadi kendaraan andalan, Toyota Avanza juga didukung ground clearance yang cukup memadai yakni 200 mm. Meskipun para kompetitornya telah memiliki jarak bodi terendah dengan tanah mencapai melebihi 200 mm.

Penguasa Low MPV di Indonesia ini menggunakan suspensi MacPherson Strut pada bagian depan. Sementara pada bagian belakang menggunakan 4-Link Lateral Rod yang dijamin bisa meredam guncangan dan memberikan kenyamanan.

Avanza 2021 masih mengandalkan lingkar roda berdiameter 14 inci dengan ban 185/70 R14. Padahal para kompetitornya telah mengadopsi lingkar roda yang lebih besar yaitu 15 hingga 16 inci.

Interior dan Fitur Toyota Avanza 2021

Masuk ke dalam kabin, Low MPV Toyota mendapat penyegaran yang lebih memanjakan para konsumennya. Salah satunya adalah pada fitur AC (Air Conditioned) yang telah mengadopsi teknologi digital.

Toyota Avanza 2021 juga telah dibekali dengan monitor LCD yang bisa dioperasikan melalui sentuhan tangan. Head unit ini tentunya memberikan warna tersendiri sehingga para penumpang di dalamnya bisa terhibur sepanjang perjalanan.

Layaknya sebuah mobil modern, Toyota Avanza 2021 juga dilengkapi dengan power outlet hingga baris ketiga. Ini adalah sebuah kebutuhan yang hakiki, karena era smartphone sudah semakin canggih dan menjadi sebuah kebutuhan mendasar.
Avanza 2021

Alat kemudi mobil ini telah dibekali dengan fitur tilt sehingga pengemudi lebih leluasa dalam mengatur posisi berkendara. Meskipun disayangkan belum ditambahkan fitur teleskopik yang akan semakin memberikan kenyamanan.

Pada varian G ke atas, pengendara lebih leluasa menikmati hiburan karena terdapat fitur switch control pada alat kemudi. Hal ini berguna agar konsentrasi pengemudi tetap terjaga selama berkendara.

Desain dashboard tidak banyak berubah dari edisi sebelumnya, hanya terdapat beberapa sentuhan seperti tersebut di atas.
Avanza 2021

Sementara untuk urusan keamanan, Avanza telah dilengkapi dengan perangkat rem ABS, dual SRS Airbag, Isofix, Side impact beam dan peringatan seatbelt penumpang depan. Menariknya fitur-fitur tersebut sudah diterapkan pada seluruh varian.

Harga Toyota Avanza 2021

Toyota Avanza ditawarkan dalam tujuh pilihan warna berbeda yakni White, Silver Metallic, Bronze, Dark Blue, Dark Red Mica Metallic, dan Grey Metallic. Konsumen lebih leluasa dalam menentukan pilihan warna kendaraan kesayangannya.
Harga Toyota Avanza 2021

Toyota Avanza saat ini masuk dalam program relaksasi PPnBM nol persen dari pemerintah. Harga yang ditawarkan untuk unit ini lebih murah belasan juta rupiah. 

Berikut ini harga terbaru Toyota Avanza per April 2021

  • 1.3 E STD MT                   Rp 187.600.000
  • 1.3 E STD AT                    Rp 197.900.000
  • 1.3 E MT                           Rp 189.800.000
  • 1.3 E AT                            Rp 200.200.000
  • 1.3 G MT                           Rp 206.700.000
  • 1.3 G AT                            Rp 216.500.000
  • Veloz 1.3 MT                    Rp 212.900.000
  • Veloz 1.3 AT                     Rp 223.700.000
  • Veloz 1.5 MT                    Rp 224.300.000
  • Veloz 1.5 AT                     Rp 235.300.000

[Dew/Had]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar