Toyota Avanza 2016 Punya Indikator Keselamatan VSC, Tapi...

Berita Otomotif

Toyota Avanza 2016 Punya Indikator Keselamatan VSC, Tapi...

JAKARTA - Toyota meningkatkan daya saing Avanza dan Veloz dengan menyematkan berbagai fitur keamanan. Di antaranya warning seatbelt untuk penumpang, power window dengan jam protection, ABS di semua tipe, side impact beam, ISOFIX.

Ada yang lebih mengejutkan lagi. Toyota rupanya sudah menyediakan teknologi Vehicle Stability Control (VSC) yang merupakan teknologi keselamatan aktif untuk membantu menjamin keselamatan mobil dan berguna bagi pengemudi dalam mencegah terjadinya kecelakaan.

Indikator VSC muncul di atas MID pada meter cluster Toyota Avanza dan Veloz 2016. Di sebelah indikator VSC, juga menyimpan teknologi Traction Control System (TRC) namun belum aktif.

Iwan Abdurrahman, selaku Technical Service Division PT Toyota-Astra Motor (TAM), menjelaskan indikator VSC dan TRC memang sudah tersedia pada Toyota Avanza dan Veloz 2016, tapi kedua fitur penopang tersebut belum aktif untuk pasar Indonesia, tapi mungkin aktif untuk pasar ekspor.

"Toyota Avanza adalah mobil global. Jadi memang model meter cluster-nya di semua negara sama. Indonesia mendapat Toyota Avanza baru dengan model meter cluster yang tersemat indikator VSC dan TRC, tapi belum aktif. Tinggal apakah fitur ini aktif atau tidak cukup melihat kebutuhan pasar. Di beberapa negara mungkin fitur ini sudah aktif," kata Iwan.

Iwan menjelaskan kejadian indikator VSC dan TRC ini sama persis pada generasi pertama Avanza. Saat terlahir sebagai low MPV 7-penumpang di Indonesia, saat itu mobil sudah tersedia slot indikator lampu menyala di meter cluster jika pintu dalam keadaan terbuka.

Tapi pada awal kemunculan, indikator ini belum aktif. Beberapa tahun kemudian indikator lampu menyala jika pintu terbuka baru aktif sepenuhnya.

Lantas kapan teknologi keselamatan VSC dan TRC mulai aktif untuk Avanza dan Veloz yang dipasarkan di Indonesia. "Untuk hal tersebut saya belum tahu. Tapi yang terpenting adalah Toyota selalu meningkatkan fitur keamanan pada setiap kendaraan yang dijual, di Indonesia bahkan global," tutup Iwan. [Ikh/Syu]

 

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter.



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support