Toyota Avanza 1.5 Masih Kalah Pamor dari Versi Mesin 1.3-Liter

Berita Otomotif

Toyota Avanza 1.5 Masih Kalah Pamor dari Versi Mesin 1.3-Liter

JAKARTA - Varian mesin 1.3-liter pada Toyota Avanza facelift masih menjadi pilihan terbanyak konsumen seperti pada model lamanya. Hal ini terlihat dari data penjualannya selama Januari - Mei 2019.

Avanza, yang baru saja mendapatkan penyegaran wajah pada 15 Januari tahun ini, menurut data yang diberikan Toyota sudah membukukan penjualan wholesales (dari pabrik ke dealer) sekitar 7.300 unit pada Mei kemarin. Jika ditambahkan dengan pencapaian pada Januari - April yang berjumlah 28.906 unit, volumenya berarti menjadi 36.206 unit selama lima bulan pertama 2019.

Fransiskus Soerjopranoto, Executive General Manager PT. Toyota Astra Motor (TAM), kepada Mobil123.com menjelaskan bahwa kontribusi terbesar masih berasal dari tipe-tipe bermesin 1.3-liter. Komposisinya mencapai sekitar 75 persen dari total transaksi jual-beli Avanza pada Januari - Mei.

Dari seluruh tipe bermesin 1.3-liter yang Avanza tawarkan, tipe 1.3G paling menjadi magnet. Lebih dari separuh penjualan low multi purpose vehicle (LMPV) tersebut datang dari tipe ini.

Sebagai informasi, pionir segmen LMPV tersebut terdiri dari saat ini dipasarkan dalam sembilan tipe dengan rentang harga on-the-road Jakarta Rp 191,1 - 239,45 juta. Rincian tipenya mulai dari yang termurah hingga termahal adalah 1.3E MT, 1.3E AT, 1.3G MT, 1.3 Veloz MT, 1.3G AT, 1.5G MT, 1.3 Veloz AT, 1.5 Veloz MT, 1.5 Veloz AT.

“Paling besar 1.3G yaitu 65 persen,” ucapnya melalui pesan singkat pada Kamis (13/6/2019).

Fransiskus tidak menyebutkan berapa jumlah Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) yang sudah terkumpul untuk Avanza facelift, sejak peluncurannya. Informasi terakhir yang didapat melalui wawancara pada 10 Mei, pemesanan model tersebut diklaim sudah lebih dari 30 ribu unit.

Pembeli Mobil Pertama
Mayoritas konsumen Avanza hingga kini adalah first buyer atau pembeli mobil pertama. Inilah yang menjadi alasan mengapa tipe mesin terkecilnya menjadi tulang punggung utama penjualan.

“Para pemilih varian 1.3-liter itu umumnya first buyer. Sedangkan pembeli 1.5-liter adalah yang siap-siap bermigrasi dari segmen LMPV ke medium MPV,” papar Soerjo. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support