Toyota Ajak Pemenang Toyota Eco Youth ke Jepang

Berita Otomotif

Toyota Ajak Pemenang Toyota Eco Youth ke Jepang

JAKARTA - Peraih gelar Best of The Best kompetisi lingkungan hidup Toyota Eco Youth (TEY) ke-9 dari SMAN 19 Bandung bertolak ke Tokyo, Jepang.

 

Keberangkatan mereka ini atas undangan Toyota Indonesia sebagai hadiah karena telah menang dalam kompetisi tersebut. Tim yang terdiri dari  2 orang siswa bernama Nirwan dan Farizd Abdullah Labaiq dan satu orang guru pendamping bernama Susanto mengikuti kegiatan di Jepang pada 24—31 Oktober 2015.

Vice President Director PT Toyota Astra Motor, Suparno Djasmin Suparno Djasmin menyebutkan bahwa selama di Jepang, para siswa dan guru ini tidak hanya mengunjungi berbagai tempat untuk memperluas wawasan mereka mengenai lingkungan hidup, namun juga menyaksikan teknologi otomotif terbaru dari Toyota pada perhelatan pameran otomotif internasional Tokyo Motor Show (TMS) 2015.

“Perjalanan ini diharapkan dapat memberi inspirasi yang akan lebih mendorong sensitifitas dan kreatifitas mereka terhadap berbagai persoalan khususnya di bidang lingkungan hidup dan menularkannya ke generasi muda yang lainnya,” ungkapnya.

Tim SMA 19 Bandung berhasil meraih predikat Best of The Best setelah proyek mereka untuk kategori sosial yang bertema “Babarengan-Mengurangi Polusi dengan Berinteraksi" mendapat penilaian tertinggi dari Juri TEY ke-9 yang terdiri dari pakar lingkungan hidup, pakar pendidikan dan pakar media sosial, beserta tim dari Toyota Indonesia.

Gedung SMAN 19 Bandung berlokasi sekitar 350 m dari jalan raya, sehingga banyak di antara  murid-murid yang tidak memiliki kendaraan bermotor, terpaksa berjalan kaki menuju sekolah. Kondisi ini melahirkan ide kreatif untuk mendorong murid-murid yang mempunyai kendaraan bermotor agar mengajak teman-teman yang berjalan kaki untuk ikut naik bersama kendaraan mereka, persyaratan parkir kendaraan di sekolah harus mengikuti program ini.

Lahir konsep “Babarengan” dengan membangun halte di pinggir jalan raya, sebagai titik pertemuan murid yang mempunyai kendaraan dengan yang tidak mempunyai kendaraan. Dengan memanfaatkan teknologi IT, halte dilengkapi fasilitas wifi sehingga memudahkan murid-murid untuk mengakses informasi mengenai posisi teman-teman mereka.

Proyek ini mendapat penilaian tertinggi antara lain karena berhasil memecahkan persoalan yang dihadapi murid-murid SMAN 19 Bandung yang lokasi sekolahnya jauh dari akses angkutan umum. [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual