Toyota 86 Ini Diubah Jadi Mobil Listrik, Cangkok Powertrain Nissan Leaf

Berita Otomotif

Toyota 86 Ini Diubah Jadi Mobil Listrik, Cangkok Powertrain Nissan Leaf

JAKARTA – Sebuah modifikasi yang terbilang ekstrem dilakukan pada Toyota 86. Mobil sport Toyota ini diubah jadi mobil bermesin konvensional menjadi mobil listrik murni.

Toyota 86 merupakan satu dari sedikit mobil sport Toyota saat ini. Saat model ini cukup lama tak diperbarui, Toyota merilis Supra generasi terbaru yang merupakan ‘saudara’ BMW Z4 karena keduanya dikembangkan bersama-sama.

Pihak yang mengubahnya, menurut Which Car beberapa waktu lalu, malah seorang seorang penggila otomotif Jerman bernama Philip Schuster. Tak tanggung-tanggung, yang ia rombak langsung inti dari sebuah mobil yaitu mesinnya.

Mesin Toyota 86 langsung ia keluarkan. Sebagai gantinya, Schuster memasukkan motor penggerak listrik milik Nissan Leaf generasi pertama yang mampu menghasilkan tenaga 200 hp dengan torsi 400 Nm.

Sebenarnya, gelontoran daya tersebut tak terlalu jauh berbeda dengan milik mesin boxer konvensionalnya dahulu. Akam tetapi, torsinya melonjak hingga sekitar dua kali lipat dari sebelumnya.

Jangan lupakan juga bahwa ini sudah menjadi mobil listrik murni. Artinya, selain nihil emisi gas buang alias ramah lingkungan, torsi semegah itu bisa keluar secara maksimal sejak pedal gas diinjak pertama kali.

Sumber tenaga untuk motor listrik berasal dari 48 modul baterai yang harus ditempatkan secara terpisah karena desain dari Toyota 86. Sebanyak 16 di antaranya ada di tempat yang dahulu merupakan lokasi mesin konvensional, 12 lainnya ditaruh di bekas lokasi tangka bensin, dan 20 sisanya berada di bagasi.

Uniknya, jika motor penggerak mobil listrik pada umumnya mengirimkan tenaga ke roda secara langsung, Schuster tetap membiarkan transmisi enam percepatan manual milik Toyota 86 tetap ada di sistem penggerak. Hal ini tidak mudah karena ia harus menaruh semacam adaptor yang ia ciptakan khusus.

Beragam komponen kopling juga dia coba, mulai dari Suzuki Jimny, Fiat Multipla, serta Porsche 911. Pada akhirnya, komponen milik Honda lah yang ia rasa paling klop. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support