Total Sudah Punya Pelumas Khusus Mobil Listrik

Berita Otomotif

Total Sudah Punya Pelumas Khusus Mobil Listrik

JAKARTA – Total, perusahaan minyak dan gas asal Prancis, baru-baru ini ternyata meluncurkan pelumas khusus untuk mobil listrik sebagai respons dari tren otomotif global yang mengarah ke teknologi tersebut. Mereka mengklaim sebagai yang pertama di dunia merilis produk tersebut.

Arah pengembangan mobil ramah lingkungan di pasar otomotif dunia memang mengarah ke teknologi mobil listrik. Setiap pabrikan, dengan ritmenya masing-masing, meriset dan mengembangkan mobil listrik untuk diterjunkan ke pasar baik dalam jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang.

Tren ini juga ditangkap oleh Total. Populasi mobil listrik yang makin banyak dari waktu ke waktu harus mereka tanggapi jika tak ingin ketinggalan.

“Kami mengekspektasikan bahwa pada 2040, mobil listrik di dunia sudah berjumlah 20 persen dari total jumlah mobil kecil. Mobil-mobil bermesin pembakaran dalam (Internal Combustion Engine/ICE) 80 persen,” ujar Franck Giraud, dalam konferensi pers peluncuran oli Total khusus untuk mobil LCGC baru-baru ini di  Jakarta.

Ia menegaskan bahwa 2040 bukanlah waktu yang lama. Artinya, Total sudah jelas harus bergerak menanggapi perubahan kebutuhan pasar sesuai perkiraan.

“Kami di grup sudah memiliki produknya, meski di Indonesia belum tersedia. Kami sudah memiliki pelumas mobil listrik bernama Total Quartz Electric Vehicle (EV) Fluid,” lanjut dia.

Pelumas khusus mobil listrik dari Total, terang Giraud, belum lama hadir. Peluncurannya di negara lain dilakukan pada November 2018.

Artinya, usia Total Quartz EV Fluid baru sekitar tiga bulan.

“Kami adalah produsen oli pertama menawarkan pelumas khusus mobil listrik di pasar dunia,” klaim Giraud.

Sayangnya, pria dari ‘Negeri Menara Eiffel’ ini tidak menjelaskan apakah Total sudah mempunyai rencana membawanya ke Indonesia atau kapan kira-kira hal itu akan terjadi.

Pemerintah Indonesia sendiri saat ini sedang menyusun regulasi berbentuk Peraturan Presiden (Perpres) untuk mempromosikan mobil maupun sepeda motor listrik. Nantinya, peraturan yang disebut sebagai regulasi Low Carbon Emission Vehicle (LCEV) ini akan memberikan insentif bagi mobil ramah lingkungan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar