Tips Ringkas Mematikan Alarm Mobil saat Remote Tak Berfungsi

Panduan Pembeli

Tips Ringkas Mematikan Alarm Mobil saat Remote Tak Berfungsi

JAKARTA – Remote control sebagai alat untuk membuka, mengunci dan menonaktifikan alarm mobil sudah sangat umum digunakan oleh mobil. Sistem yang diatur oleh alat mungil ini setidaknya dapat mengurangi atau bahkan menghindari mobil dari risiko pencurian.

Namun ada kalanya remote control tiba-tiba tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Kondisi ini biasanya membuat pemilik kendaraan harus membuka kunci pintu secara manual. Akibatnya, jika ini terjadi saat alarm mobil sedang aktif akan memancing hidupnya suara alarm yang meraung-raung dan mengganggu. 

Lantas, bagaimana cara untuk menonaktifkan alarm saat remote tidak berfungsi?

Dilansir oleh Astraworld, tips atau cara menonaktifkan alarm pada masing-masing mobil berbeda, sesuai dengan jenis alarm yang digunakan. Pada beberapa mobil jenis MPV, alarm dapat dinonaktifkan dengan cara membuka pintu secara manual menggunakan kunci kontak. Lalu masukan anak kunci ke lubang starter. Kemudian putar bolak-balik kunci kontak dari posisi ACC ke ON sebanyak 10 kali secara cepat dan konstan. Sebelum berhenti berbunyi biasanya alarm akan berbunyi secara cepat kemudian berhenti.

Setelah alarm berhenti berbunyi maka lampu kecil yang berkedip juga akan mati. Inilah indikasi bahwa alarm sudah nonaktif. Jika dilakukan dengan benar maka alarm akan berhenti berbunyi dan berhasil dinonaktifkan. Selanjutnya mobil akan dapat di-starter kembali seperti semula.

Namun, bila alarm sudah nonaktif maka remote tidak dapat digunakan sementara waktu. Untuk membuka atau mengunci pintu, pemilik harus melakukannya secara manual dengan menggunakan anak kunci seperti biasa. Untuk mengaktifkan kembali fungsinya, sebaiknya dibawa kembali ke bengkel resmi agar lebih aman. [Adi/Ari/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual