Wajib Coba, Begini Cara Merawat Ban Mobil agar Tetap Awet

Panduan Pembeli

Wajib Coba, Begini Cara Merawat Ban Mobil agar Tetap Awet

KARAWANG - Merawat ban mobil secara rutin merupakan suatu keharusan agar kondisinya selalu optimal dan tetap awet.

Tidak sedikit pemilik mobil yang menyepelekan kondisi pan. Padahal fungsinya sangat penting sekali, selain bisa membuat kendaraan bergerak, ban juga menentukan kenyamanan dan keamanan selama berkendara. 

Begitu pentingnya peran ban, maka pemilik mobil wajib melakukan pengecekan sebelum maupun sesudah menggunakan mobil. Jangan lupa pula untuk merawatnya, bisa dilakukan secara mandiri atau dibawa ke bengkel resmi agar lebih praktis.

Hal pertama yang patut diperhatikan adalah tekanan angin ban, karena ini sangat berhubungan dengan keselamatan berkendara

"Terkait dengan keselamatan, ada yang berperan penting bahkan sebagai nyawa dari ban itu sendiri, yaitu angin," ucap Fisa Rizqiano, Deputy Head OE Sales PT Bridgestone Tire Indonesia, baru-baru ini.

Fisa menambahkan, jika tekanan angin ban rendah maka bisa menimbulkan panas berlebih. Sebaliknya, apabila tekanan angin ban terlalu tinggi dari rekomendasi pabrikan bisa menyebabkan keausan ban tidak merata dan berakibat umur ban jadi lebih pendek.

Selanjutnya, pemilik mobil wajib melakukan rotasi ban pada periode tertentu supaya kondisinya tetap prima.

"Tidak kalah pentingnya melakukan rotasi sesering mungkin minimal 5 ribu kilometer atau 10 ribu kilometer," terang Fisa.

Selain itu lakukan proses wheel alignment supaya ban mobil tetap selaras.

"Melakukan wheel alignment (Spooring dan Balancing) terhadap ban minimal 5 ribu kilometer atau 10 ribu kilometer supaya kondisi ban dan kaki-kaki tetap selaras," sambungnya.

Kemudian jangan lupa mengecek ban beserta tapaknya untuk memastikan tidak ada benda asing yang menempel.

"Cek secara rutin kondisi ban mulai dari tapak dan dinding ban agar tidak terjadi masalah di jalan, serta membuang benda asing yang menempel di telapak ban mobil. Tak lupa cek tutup pentil ban, supaya angin pada ban tidak keluar," tutur dia.

 

Empat Fungsi Ban

Secara umum ada empat fungsi ban yang patut Anda ketahui.

Pertama, menyangga beban mobil. Dibantu oleh tekanan angin, ban mobil bisa menopang beban dari muatan yang dibawa mobil tersebut. 

Kedua adalah memberikan daya dorong dan pengereman. Hasil kerja mesin akan disalurkan ke roda supaya mobil bisa bergerak maju maupun mundur, serta membantu kinerja rem agar mobil bisa berhenti.

Ketiga, berfungsi untuk mengontrol kendaraan, agar mobil bisa belok atau bermanuver di jalanan.

Fungsi keempat yaitu meredam getaran ketika melewati permukaan jalan yang bergelombang atau tidak rata. [AP/Ses]

Cari mobil baru silahkan cek di sini




Berita Utama


Komentar