Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Tips Mudik Aman dan Nyaman Pakai Sepada Motor

Panduan Pembeli

Tips Mudik Aman dan Nyaman Pakai Sepada Motor

JAKARTA - Jelang mudik lebaran 2022 persiapan kendaraan sudah mulai dilakukan. Apalagi yang tahun ini berencana mudik pakai sepeda motor.

Pemerintah telah mengimbau masyarakat agar tidak menggunakan moda transportasi roda dua untuk mudik jarak jauh. Namun demikian, tetap akan ada pemudik yang memilih naik sepeda motor karena berbagai alasan, seperti lebih hemat dan praktis, atau tidak memiliki kendaraan roda empat.

Jika memang terpaksa mudik menggunakan sepeda motor, Ketua Umum CBR Bogor Riders afiliasi dari Asosiasi Honda CBR Muhammad Salim berpesan agar pemudik mempersiapkan motornya dalam kondisi prima.

"Persiapannya dengan servis rutin, sebelum berangkat cek kondisi mesin, jika ada kendala proteksi di awal untuk bisa servis terlebih dahulu," ucap Salim di Jakarta, Rabu (20/4/2022).

Pertama-tama yang wajib diperhatikan adalah cek bagian mesin, setelahnya ganti oli, hal itu untuk menghindari mogok di jalan. Selain itu, cek kondisi ban dan rem.

"Cek bagian mesin, kalau mogok bisa ribet, ban dan rem juga hal ini penting, karena saat di jalan raya pada kondisi tertentu untuk menghindari crash, dan ganti oli," ungkapnya.

Penerapan Safety Gear

Safety gear juga jadi yang penting diterapkan untuk pemudik yang pakai sepeda motor. Karena posisi yang ada di badan Anda, baik itu barang dan perlengkapannya harus sesuai dengan anjuran.

"Misalnya, jangan pakai celana pendek dengan sendal. Pakai bahan yang nyaman dan melindungi. Jadi jika terjadi crash bisa safety dan mengurangi kecelakaan," ucap Salim. 

Disarankan pula mengenakan jaket, sarung tangan, sepatu, serta celana panjang yang nyaman dan tak kebesaran atau kekecilan.

Selain itu penggunaan helm, dianjurkan memilih sesuai ukuran kepala dan minimal memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI).  

"Jangan karena ingin terlihat keren, lalu membeli helm mahal dengan merek tertentu, tapi ukurannya terlalu besar atau kecil," pungkasnya. [Tih/]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang