Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Tips Modifikasi Suzuki APV agar Lebih Nyaman dan Aman

Panduan Pembeli

Tips Modifikasi Suzuki APV agar Lebih Nyaman dan Aman

Suzuki APV, yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2004 dan mengalami facelift pada November 2007, adalah kendaraan serbaguna yang dirancang untuk berbagai keperluan. 

Namun, seperti halnya kendaraan lainnya, APV juga memiliki beberapa kekurangan yang dapat diperbaiki melalui modifikasi agar lebih nyaman dan aman saat digunakan. Berikut ini adalah beberapa tips APV modifikasi untuk mobil ini berdasarkan kelemahan dan kelebihannya.

1. Modifikasi Untuk Mengatasi Gejala Limbung

Suzuki APV dikenal memiliki bodi yang tinggi dan bidang yang sempit, membuatnya rentan terguling terutama saat tidak bermuatan penuh. Untuk mengatasi masalah ini bisa dilakukan APV modifikasi salah satu cara untuk meningkatkan stabilitas adalah dengan mengganti ban standar dengan ban tapak lebar. Ban dengan tapak lebih lebar memberikan cengkeraman yang lebih baik dan mengurangi risiko terguling.

Serta pertimbangkan untuk mengganti suspensi standar dengan suspensi yang lebih stabil. Suspensi aftermarket yang dirancang khusus untuk meningkatkan stabilitas kendaraan dapat membantu mengurangi risiko terguling.

2. Menambahkan Fitur Kamera Mundur Untuk Parkir

APV dilengkapi dengan head unit single din dan belum memiliki kamera mundur, yang bisa menyulitkan saat parkir. Modifikasi yang bisa dilakukan menambahkan kamera mundur dalam bagian APV modifikasi akan sangat membantu saat parkir. Sekaligus, mengganti head unit single din dengan double din yang dilengkapi layar untuk tampilan kamera mundur.

Lalu selain itu bisa juga dalam APV modifikasi menambahkan sensor parkir juga bisa memberikan peringatan dini saat ada objek di belakang mobil.

3. Pasang Peredam Kabin

Mesin APV yang terletak di bawah jok pengemudi dan penumpang depan seringkali membuat kabin menjadi bising. Untuk mengatasinya dalam hal APV modifikasi bisa lakukan menambahkan material peredam suara di bagian lantai, dinding, dan atap kabin untuk mengurangi kebisingan mesin. Material seperti busa peredam atau matras peredam dapat digunakan untuk tujuan ini.

4. Penambahan Dashcam

Untuk alasan keamanan hal lain yang bisa dilakukan dalam APV modifikasi sebagai bukti tambahan jika terjadi kecelakaan adalah menambahkan atau memasang dashcam di bagian depan dan belakang kendaraan untuk merekam setiap kejadian selama perjalanan. Dashcam berkualitas tinggi dapat merekam video dengan jelas dan berfungsi sebagai bukti saat terjadi kecelakaan atau insiden di jalan.

Kekurangan Suzuki APV yang Tidak Bisa Dimodifikasi

Tidak Ada Airbag, ABS, dan EBD 

Suzuki APV belum dilengkapi dengan fitur keselamatan dasar seperti airbag, ABS, dan EBD. Hal ini membuat mobil ini kurang aman dibandingkan dengan beberapa kompetitornya.

Sistem keselamatan standar pada APV hanya terdiri dari sabuk pengaman, yang memberikan perlindungan minimum bagi pengemudi dan penumpang.

Tanpa Sliding Door

Berbeda dengan kompetitornya seperti Daihatsu Luxio yang sudah menggunakan pintu sliding, Suzuki APV masih menggunakan pintu samping konvensional. Pintu geser memberikan akses yang lebih mudah dan luas ke kabin, terutama di tempat parkir yang sempit.

Pintu model konvensional ini dapat membatasi akses penumpang maupun barang ke ruang tengah kabin, membuatnya kurang praktis dibandingkan dengan pintu geser.

Kelebihan Suzuki APV

Kabin Luas

Salah satu keunggulan utama Suzuki APV adalah dimensi kabinnya yang luas. Mobil ini dirancang untuk menampung banyak penumpang, dengan konfigurasi kursi tiga baris yang dapat memuat 8-9 penumpang.

Air Intake Tinggi  

APV memiliki desain dengan air intake yang tinggi, yaitu 101 cm dari aspal, yang membuatnya lebih aman saat melintasi genangan air.

Desain Boxy 

Desain boxy pada APV memberikan headroom yang tinggi dan ruang kaki yang lega, membuat perjalanan lebih nyaman terutama untuk penumpang dewasa.

Varian yang Beragam

Suzuki APV hadir dalam berbagai varian, mulai dari blind van hingga versi captain seat dalam varian APV Arena. Hal ini memberikan fleksibilitas bagi konsumen untuk memilih varian yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Spesifikasi Suzuki APV

Diatas kami sudah membahas tentang tips APV modifikasi, kekurangan dan kelebihannya, berikut kami juga membahas tentang spesifikasi mobil ini.

Mobil yang memiliki bentuk seperti roti tawar ini memiliki dimensi panjang 4.155 mm, lebar 1.655 mm, tinggi 1.865 mm, jarak sumbu roda 2.625 mm untuk seluruh varian, namun berbeda pada bagian jarak terendah untuk versi GL 180 mm, sedangkan GX dan SGX 175 mm.

Lalu pada pada bagian radius putar juga berbeda untuk versi GL 4,5 m, dan untuk versi GX dan SGX lebih jauh yaitu 5,4 m.

Pada bagian mesin menggunakan mesin dengan kode G15A 1.493 cc, multipoint Injection, 16 katup dengan torsi maksimal 94.5PS/6,000rpm, dan torsi 126Nm/3.000rpm. Kini hanya tersedia satu pilihan transmisi yaitu manual 5 percepatan. Berikut spesifikasi APV yang lebih mendetail.

Jarak Pijak Depan

1.425 mm

Jarak Pijak Belakang

1.425 mm

Diameter x Langkah

75,0 x 84,5 mm

Perbandingan Kompresi

9,5:1

Berat Kosong

1,160-1,325 kg

Berat Kotor

1,950 kg

Sistem Kemudi

Rack and Opinion

Suspensi depan

MacPherson Strut & Coil Spring

Suspensi Belakang

3-Link Rigid Axle with Coil Springs

Rem Depan

Ventilated disc

Rem Belakang

Leading & Trailing Drums

Ukuran Ban

185/80 R14 (GL); 195/65 R15 (GX dan SGX)

Tangki Bahan Bakar

46 Liter

 

Harga APV 2024

Suzuki APV kini tersedia dalam 5 varian yang bisa dipilih oleh para calon pembelinya, mulai dari Rp182 juta, berikut pilihannya:

  • APV Blind Van Rp182,3 juta
  • APV GA Rp222,1 juta
  • APV Arena GL Rp230,2 juta
  • APV Arena GX Rp244,2 juta
  • APV Arena SGX Rp247,4 juta

Tersedia tiga pilihan warna untuk Suzuki APV yaitu Burgundy Pearl, Cool Black Metalic, dan Silky Silver Metallic.

Kisaran harga APV Bekas

Untuk Anda yang sedang mencari APV yang lebih terjangkau bisa melirik versi bekasnya yang dijual mulai dari Rp60 jutaan, pada mobil123 terdapat ratusan pilihan mobil yang bisa dipilih, berikut pilihannya: 

  • Kisaran harga APV bekas tahun 2005 mulai dari Rp60 jutaan
  • Kisaran harga APV bekas tahun 2006 mulai dari Rp65 jutaan
  • Kisaran harga APV bekas tahun 2007 mulai dari Rp70 jutaan
  • Kisaran harga APV bekas tahun 2008 mulai dari Rp80 jutaan
  • Kisaran harga APV bekas tahun 2009 mulai dari Rp85 jutaan
  • Kisaran harga APV bekas tahun 2010 mulai dari Rp90 jutaan
  • Kisaran harga APV bekas tahun 2011 mulai dari Rp95 jutaan
  • Kisaran harga APV bekas tahun 2012 mulai dari Rp100 jutaan
  • Kisaran harga APV bekas tahun 2013 mulai dari Rp105 jutaan


Kesimpulan

APV modifikasi dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan kendaraan secara signifikan. Dengan mengganti ban, menambahkan fitur parkir, memasang peredam suara, menambah dashcam, mengoptimalkan suspensi, dan meningkatkan kenyamanan kabin, Suzuki APV bisa menjadi kendaraan yang lebih nyaman dan aman untuk digunakan sehari-hari.
 

[Ryn/YS]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<

 



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang