Tips Menghilangkan Noda pada Pelapis Jok Mobil

Panduan Pembeli

Tips Menghilangkan Noda pada Pelapis Jok Mobil

JAKARTA - Jok mobil berbahan kulit merupakan salah satu elemen penting dalam mobil. Jangan sepelekan noda pada pelapis jok jika tidak ingin noda ini mengganggu interior mobil. Sebaiknya bersihkan permukaan jok sebelum merusak permukaan pelapis jok.

Mobil123 ingin berbagi tips bagaimana cara merawat jok mobil agar selalu terlihat mengkilap tidak kusam dan bebas dari noda. Simak tips dari Toyota berikut:

  1. Rajinlah membersihkan pelapis jok mobil paling tidak satu minggu sekali saat mencuci mobil atau membersihkan mobil.
  2. Gunakan bahan dan alat yang aman seperti kain lap yang mudah menyerap air, sikat khusus jok atau bisa gunakan sikat gigi (yang khusus atau baru), deterjen khusus jok mobil berbahan kulit, air bersih, air hangat, vacuum cleaner (untuk menyerap debu pada pelapis sebelum ritual utama).
  3. Jika jok terdapat noda, caranya adalah dengan menggosok bagian noda tersebut dengan sikat yang sudah dituangi air detergen, siram dengan air bersih. Setelah itu keringkan jok mobil yang basah dengan vacuum cleaner agar cepat kering dan air tidak mengering sendiri sehingga meninggalkan bekas. Setelah itu Anda bisa melapnya dengan lap kering dan menggunakan cairan pengkilat.
  4. Jika noda jok cukup membandel karena kering maka Anda harus membersihkan terlebih dahulu dengan vacuum cleaner untuk mengangkat sebagian noda, kemudian siramkan sedikit demi sedikit air hangat yang sudah dicampur deterjen, sikap pada bagian kotor.
  5. Gosok perlahan-lahan agar permukaan jok tidak mengelupas ulangi sampai noda terlihat hilang, kemudian siram dengan air dingin untuk menghilangkan air bekas sabun dan lap jok tersebut hingga kering. Jika kejadian tumpahann noda tidak ingin terulang Anda bisa melapisi jok mobil dengan sarung jok atau bahan lain yang tidak mudah menyerap air. [Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual