Tips Mendengarkan Musik Saat Berkendara Mobil

Panduan Pembeli

Tips Mendengarkan Musik Saat Berkendara Mobil

JAKARTA – Mendengar musik bukanlah hal yang aneh saat berkendara mobil, tapi tetap ada batasan yang harus diperhatikan.

Selama ini, mendengar musik memang menjadi salah satu cara untuk menghilangkan rasa kantuk atau bosan saat berkendara mobil. Bagi sebagian orang, mendengarkan musik bisa meningkatkan kenyamanan dan konsentrasi saat berkendara. Namun, ada beberapa batasan yang harus diikuti agar musik tidak mengganggu konsentrasi.

Melanggar batasan diri dalam mendengarkan musik bisa berakibat fatal dan menyebabkan kecelakaan. Tentunya hal tersebut tidak diinginkan oleh pengemudi, penumpang maupun orang-orang di sekitar.

Berikut adalah beberapa tips berkendara mobil sembari mendengarkan musik.

Perhatikan tingkat volume musik di dalam kabin

Paling sederhana adalah dengan memperhatikan volume musik. Menyetel lagu dengan volume terlalu keras bisa berakibat komunikasi dengan penumpang kendaraan terganggu.

Tak hanya itu, pengemudi juga tidak dapat mendengar dengan jelas suara yang berasal dari luar kendaraan, misalnya klakson. Ini sangat berbahaya bila pengemudi tidak bisa mengenali lingkungan sekitar akibat volume suara musik terlalu tinggi.

Hindari musik dengan tempo cepat

Perlu diketahui bahwa musik dengan tempo cepat dapat meningkatkan detak jantung dan mengakibatkan perubahan gaya mengemudi menjadi agresif. Kondisi ini tentu sangat berbahaya karena bisa membuat pengemudi melakukan beragam pelanggaran dan bisa menyebabkan kecelakaan.

Untuk itu, disarankan mendengarkan lagu yang seirama dengan detak jantung normal, yaitu sekitar 60-80 bpm. Dengan ini tentunya dapat menghindari perubahan perilaku mengemudi dan terhindar dari kecelakaan.

Buat Playlist tersendiri

Sebelum berkendara sebaiknya persiapkan lagu-lagu apa saja yang hendak didengarkan saat berada di perjalanan. Hal ini untuk menghindari pengemudi menggonta-ganti lagu yang bisa membuat konsentrasi terpecah, karena ingin mendengarkan lagu yang berbeda.

Kalaupun memang terpaksa harus mencari lagu lain, pastikan untuk memanfaatkan fitur yang memudahkan dalam pencarian. Bisa dengan menggunakan voice command atau memanfaatkan tombol pengaturan di lingkar kemudi.

Cari genre musik yang tepat

Selera musik seseorang tentunya akan berbeda satu dengan lainnya. Namun musik dengan genre Jazz atau Soul bisa menjadi pilihan bijak, karena memiliki efek memenangkan ketimbang musik-musik beraliran keras seperti heavy metal. [Adi/Ses]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar