Tips Jaga Pola Makan Sehat Saat Mengemudi

Panduan Pembeli

Tips Jaga Pola Makan Sehat Saat Mengemudi

JAKARTA – Sarapan terkadang menjadi hal istimewa bagi mereka yang memulai aktivitas sejak pagi-pagi buta.

Perjalanan jauh dan kemacetan yang tidak bisa dihindari menjadi alasan kita tidak sarapan. Padahal, makan merupakan salah satu cara untuk tidak kehilangan fokus ketika mengemudi kendaraan bermotor (mobil dan sepedamotor).

Lantas, apa saja yang seharusnya dilakukan agar kita bisa tetap menjaga asupan gizi tanpa mengganggu perjalanan? Berikut ulasannya yang kami dapatkan dari berbagai sumber:

  1. Rencanakan perjalanan
    Mudah untuk diucapkan, tapi sulit untuk diimplementasikan. Namun, ini adalah adalah hal pertama yang harus dilakukan oleh kita sebelum melakukan perjalanan. Dengan memiliki rencana perjalanan, maka Anda akan menjadi lebih mudah untuk menentukan akan membawa bekal sarapan apa.
    Pastikan Anda membaw bekal yang mudah untuk dikonsumsi saat perjalanan, siapkan juga beberapa kudapan sehat seperti wortel, timun atau buah-buahan. Pastikan Anda meletakkan makanan di tempat yang mudah dijangkau. Jangan memasak makanan di pagi hari menjelang keberangkatan. Ini akan membuang waktu Anda.
  2. Kenali waktu makan Anda
    Jika Anda biasa makan pada pukul 18.00, maka pada sekitar pukul itulah Anda akan merasa lapar lagi. Jadi, jangan sampai rasa lapar mengejutkan Anda. Coba untuk tetap makan pada waktunya, meski Anda masih dalam perjalanan. Ini akan menghindari Anda untuk makan terlalu banyak ataupun terlalu sering. Jika Anda menunda waktu makan Anda akan merasa lebih emosional dan tentu hal tersebut tidak baik saat berkendara.
    Jangan anggap bahwa makanan sebagai sesuatu yang tidak penting ketika dalam perjalanan. Mereka penting karena bisa memberi Anda alasan untuk beristirahat dan membuat Anda fokus kembali. Makanlah di tempat yang aman dan nyaman seperti taman, pinggir sungai ataupun tempat-tempat lain yang bisa membuat Anda merasa lebih nyaman.
    Berhenti untuk makan juga merupakan kesempatan Anda untuk menjadi lebih segar dan menjadikan perjalanan lebih aman karena dengan beristirahat dan makan, pengendara bisa menjadi lebih waspada.
  3. Buatlah minuman di rumah
    Buatlah kopi, teh atau minuman apapun yang Anda suka di rumah. Dengan ini maka Anda akan terhindar dengan ‘jajan’ di luar. Minuman yang dibuat sendiri di rumah jauh lebih sehat ketimbang dengan yang dibeli di luar.
  4. Manfaatkan cooling box
    Jika Anda tengah dalam perjalanan panjang, simpan beberapa air minum dan makanan di freezer sehari sebelumnya. Ketika hendak memulai perjalanan simpan makanan dan minum di dalam cooling box. Dengan demikian Anda bisa menghemat pengeluaran selama perjalanan dari makanan dan minuman dingin yang ingin dikonsumsi. Tak hanya itu, Anda juga bisa memilih makanan dan minuman sehat untuk dibawa seperti susu dan sebagainya.
  5. Kurangi gangguan semaksimal mungkin
    Jaga pandangan Anda dari gangguan seperti billboard yang memajang makanan fastfood dan juga radio yang mengiklankan hal sejenis. Dengan demikian Anda akan terhindar dari godaan untuk membeli jajanan lain. Usahakan juga menggunakan jalur sepi yang jarang ada iklannya.
  6. Informasi makanan
    Kalaupun terpaksa untuk membeli makanan fastfood, pastikan Anda memilihnya dengan ketat. Tidak ada salahnya untuk memilih menu vegetarian atau mengurangi jumlah mayonnaise agar kalori yang Anda konsumsi berkurang. Kalori berlebihan bisa menyebabkan Anda mengalami kegemukan.

Dengan mengikuti 6 poin tersebut maka diharapkan kondisi Anda akan tetap terjaga dengan asupan gizi yang tepat dan tidak berlebihan. [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual