Tips Eco Driving ala Daihatsu Biar Irit Bensin dan Hemat Saat Pandemi

Panduan Pembeli

Tips Eco Driving ala Daihatsu Biar Irit Bensin dan Hemat Saat Pandemi

JAKARTA – Masyarakat yang beraktivitas menggunakan mobil di masa pandemi virus Corona (Covid-19) bisa lebih menghemat biaya operasional dengan mempraktikkan teknik eco driving. Pasalnya, dengan teknik ini, konsumsi bahan bakar minyak (BBM) bisa lebih irit.

Eco driving, menurut keterangan resmi Daihatsu, merupakan kependekan dari ‘economical driving’ atau teknik berkendara yang mengoptimalkan efisiensi bahan bakar. Manfaatnya beragam seperti hemat BBM, mengurangi tingkat polusi dari satu kendaraan sehingga lebih ramah lingkungan, meminimalisir risiko kecelakaan di jalan raya, hingga membuat komponen mobil lebih awet.

Karena manfaat-manfaat itulah, eco driving merupakan kombinasi dari teknik safety driving serta defensive driving. Teknik eco driving dibahas oleh Daihatsu dalam live Instagram @daihatsuind pada akhir pekan kemarin bersama Sony Susmana selaku Senior Instructor SDCI (Safety Defensive Consultant Indonesia) dan Zulpata Zainal selaku Proving Ground on Vehicle Test Manager PT. Gajah Tunggal.


“Melalui sharing tips eco driving ini, Sahabat dapat berkendara secara aman, nyaman dan lebih hemat.  Kami berharap, Sahabat dapat menerapkan teknik Eco Driving sehari-hari, sehingga Sahabat dapat lebih hemat bahan bakar & bisa menabung untuk keperluan lainnya di tengah kondisi pandemi seperti saat ini serta tetap ramah lingkungan,” ujar Elvina Afny, Customer Satisfaction & Value Chain Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Berikut ini adalah poin – poin teknik eco driving yang dipaparkan Sony. Secara umum, ada 10 poin yang ia bagikan di dalam live Instagram:

  • Memanaskan mesin cukup 1 menit
  • Berkendara sehalus mungkin
  • Menjaga kecepatan konstan sekitar 60 – 80 km per jam dan RPM di sestabil mungkin di putaran 2.000
  • Jaga jarak dengan kendaraan lain dan gunakan engine brake untuk deselerasi
  • Atur suhu AC ideal di kabin (tak terlalu dingin)
  • Matikan mesin dan buka kaca jendela apabila sedang menunggu di dalam mobil lebih dari 5 menit
  • Akan lebih membantu jika di kendaraan ada indikator Eco Driving, seperti misalnya di Terios, Xenia, Sirion, Sigra, Ayla
  • Melakukan perawatan kendaraan secara berkala
  • Menggunakan jenis bahan bakar sesuai rekomendasi
  • Merencanakan rute dan waktu perjalanan dengan baik. [Xan/Ari]


Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar