Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap di Kabin Mobil yang Mudah dan Ampuh

Berita Otomotif

Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap di Kabin Mobil yang Mudah dan Ampuh

Kenyamanan dalam mengendarai mobil tentunya dipengaruhi beberapa hal. Selain performa mesin dan suspensi, kondisi di kabin mobil juga berpengaruh terhadap pengalaman berkendara.

Melakukan perjalanan dengan mobil akan semakin nyaman jika kabin bersih dan wangi. Sebaliknya, jika di kabin mobil bau, kenyamanan dan konsentrasi pengendara tentu akan menjadi terganggu.

Sumber bau di kabin mobil biasanya disebabkan beberapa hal, seperti asap rokok, bekas makanan/minuman, karpet/jok basah, udara lembab, masalah pada AC, dan lain-lain.

Bau di dalam Mobil (Foto: Toyotaofclermont)

Bau-bau tak sedap di dalam mobil sebenarnya dapat dihilangkan. Ada cara murah, mudah dan ampuh untuk menghilangkan bau dalam mobil, yaitu dengan meletakkan bahan-bahan alami yang biasanya digunakan untuk masak. Bahan-bahan tersebut di antaranya:

Bubuk Kopi

Bubuk kopi punya aroma yang khas dan dipercaya mampu menghilangkan bau pada suatu tempat. Ini dikarenakan kandungan kafein dalam kopi dapat menetralisir zat asam yang menjadi sumber bau. Tidak heran jika akhir-akhir ini bubuk kopi juga digunakan sebagai pengharum kabin mobil .

Cukup tuangkan beberapa sendok bubuk kopi ke dalam sebuah wadah kosong, lalu letakkan di tempat yang menjadi sumber bau berada, misalkan di bawah jok atau dasbor mobil. Jika sudah, diamkan selama semalaman.

Disarankan, gunakan bubuk kopi murni hasil gilingan, bukan bubuk kopi sachet yang sudah bercampur dengan gula atau susu.

Air Cuka

Bumbu masak satu ini biasanya digunakan sebagai penguat rasa pada makanan. Namun, siapa sangka air cuka juga bisa dipakai sebagai pembasmi bau tak sedap dalam mobil.

Air cuka mengandung asam asetat yang dapat menyerap molekul air di ruangan sekitar, yang biasanya menjadi faktor penyebab timbulnya bau.

Cara untuk memakainya juga sederhana, sama seperti memakai bubuk kopi. Cuka dituangkan ke dalam wadah kecil, kemudian diletakkan di bawah jok mobil atau dekat sumber bau. Biarkan selama semalaman agar bekerja secara maksimal.

Selain dituangkan di dalam wadah, air cuka juga dapat dipakai dengan cara disemprotkan ke titik sumber bau.

Daun Pandan

Bahan dapur lain yang bisa digunakan adalah daun pandan. Daun pandan sering digunakan dalam masakan sebagai pemberi wangi sedap yang menggugah selera.

Daun pandan juga bisa dipakai untuk mengharumkan dan menghilangkan bau di dalam mobil.

Cara pakainya juga sama mudahnya dengan bahan sebelumnya, yaitu dengan menyiapkan 8-10 helai daun pandan segar. Kemudian potong daun tersebut menjadi bagian-bagian kecil, lalu letakkan pada beberapa sisi dalam mobil.

Diamkan selama semalaman, dan kabin mobil akan memiliki aroma pandan yang mampu bertahan selama lebih dari satu minggu.

Serai

Serai biasanya digunakan sebagai bahan untuk membuat minuman herbal. Ternyata, serai juga bisa dipakai untuk menghilangkan aroma buruk pada kabin mobil.

Untuk menggunakannya, siapkan beberapa batang serai, lalu tumbuk batangnya, masukkan ke dalam sebuah wadah, kemudian letakkan wadah tersebut di kabin mobil. Diamkan selama semalaman.

Keesokan harinya, aroma serai yang lembut akan tercium di kabin mobil.

Kayu Manis

Bahan dasar untuk membuat roti Cinnamon Roll ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau dalam mobil. Aromanya yang khas mampu menghilangkan bau-bau tidak enak seperti asap rokok yang menempel di kabin mobil.

Kayu manis yang digunakan dapat berbentuk bubuk atau batang. Cara memakainya juga mudah, yaitu cukup letakkan dalam sebuah wadah, kemudian diletakkan di lantai kabin mobil dan diamkan selama satu malam.

Selain bahan-bahan dapur alami di atas, ada juga produk-produk penyerap bau lain yang bisa dibeli di toko, supermarket, atau situs jual beli.

Produk penyerap bau ada beberapa macam bentuk, seperti berupa manik-manik yang digantung pada rearview mirror, ada juga yang berupa bungkus kotak yang diletakan di bawah jok maupun dasbor.

Selain itu, ada yang berupa spray, cara penggunaannya cukup disemprot ke kabin.

Penyebab Kabin Mobil Bau

Ada beberapa faktor yang membuat aroma di ruang kabin mobil tidak enak untuk dicium. Berikut adalah beberapa faktor tersebut.

Kebersihan Interior

Banyaknya seluk-beluk sisi kabin mobil membuat proses pembersihan interior membutuhkan tingkat ketelitian yang cukup tinggi.

Tidak heran apabila banyak pemilik kendaraan yang kurang memperhatikan kebersihan di dalam mobil. Padahal, kondisi kabin mobil penting untuk menjaga kenyamanan dalam berkendara.

Kabin mobil yang tidak bersih, misalkan karpet yang kotor, akan menjadi tempat tinggal kuman dan bakteri yang menimbulkan bau.

Bahan Jok Mobil

Sumber bau tidak sedap dalam mobil berada di beberapa tempat, salah satunya jok mobil. Ternyata, bahan yang dipakai pada jok mobil juga bisa menjadi sumber bau.

Beberapa jenis bahan kain untuk jok dapat menimbulkan aroma tidak sedap jika bercampur dengan udara yang lembab serta pewangi di dalam mobil. Apalagi jika sirkulasi udara sangat jarang, tentu saja baunya akan semakin menyengat.

Filter AC Mobil

Faktor penyebab bau dalam mobil lainnya adalah kebersihan filter AC mobil. Sesuai namanya, filter AC berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam kabin melalui saluran AC.

Filter AC atau evaporator ini merupakan komponen yang cepat kotor, dan jika filter AC kotor, penyaringan udara tidak dapat bekerja dengan baik, sehingga menimbulkan bau apek dalam mobil.

Tips Mencegah Bau dalam Mobil

Jaga Kebersihan Kabin Mobil

Tips pertama, dan yang pasti harus dilakukan, adalah menjaga kebersihan dalam kabin mobil.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kabin yang kurang bersih dapat menjadi sarang berbagai kuman dan bakteri yang menimbulkan bau-bau tidak sedap. Oleh karena itu, interior mobil harus dibersihkan secara rutin agar tidak ada kuman-kuman yang hinggap.

Pembersihan kabin mobil bisa dilakukan sendiri dengan menggunakan sabun, sikat, dan air. Sabun batang dan sikat digunakan untuk membersihkan noda tumpahan benda cair penyebab bau, biasanya pada karpet mobil.

Selain itu, alat pembersih lain yang bisa digunakan adalah penghisap debu atau vacuum cleaner. Alat ini dipakai untuk menyedot debu-debu, kotoran, dan sisa-sisa makanan dalam mobil yang dapat menimbulkan aroma tidak sedap.

Jemur di Bawah Sinar Matahari

Tips berikutnya adalah membawa semua aksesori interior mobil yang sudah dibersihkan, misalkan jok dan karpet mobil, ke bawah sinar matahari untuk dijemur.

Sinar matahari akan sangat membantu proses menghilangkan sumber bau apek dan tidak sedap lainnya, serta membunuh bakteri dan kuman penyebab bau yang bersarang di bagian tersebut.

Hindari Pengharum Ruangan

Mungkin yang terlintas dalam benak orang untuk menghilangkan bau dalam mobil adalah dengan menggunakan semprotan aerosol pengharum ruangan. Namun, penggunaan pengharum ruangan tersebut justru bisa menjadi penyebab bau apek dalam jangka waktu panjang.

Setiap semprotan pengharum ruangan mengandung partikel air. Partikel air tersebut dapat membuat ruangan kabin menjadi lembab dan tidak enak dihirup. Selain itu, apabila partikel air masuk kedalam evaporator AC, embun akan terbentuk yang mana dapat menimbulkan jamur dan bau apek.

Oleh karena itu, tidak disarankan untuk menggunakan pengharum ruangan berbasis semprot.

Sirkulasi Udara

Tips yang tidak kalah penting untuk menjaga kabin mobil tidak bau adalah mengganti udara dalam mobil dari waktu ke waktu.

udara yang berada dalam mobil pada waktu yang lama akan menjadi lembab, yang mana bisa menyebabkan aroma apek dalam mobil.

Oleh karena itu, sirkulasi udara perlu dilakukan. Caranya cukup dengan membuka jendela ketika mobil sedang tidak dipakai. Dengan begitu, sirkulasi udara berjalan, dan udara dalam mobil akan terganti dengan yang baru.

Satu hal yang bisa dilakukan agar sirkulasi udara semakin maksimal adalah dengan menggunakan air purifier portabel khusus mobil.

Alat ini akan membersihkan udara dalam mobil dengan menyerap udara kotor dan berbau, kemudian mengeluarkan udara yang bersih dan segar. Ditambah lagi, air purifier mampu untuk membunuh kuman dan bakteri. [ABP/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil bekas <<<<<



Andrew Barnabas Panggabean

Andrew Barnabas Panggabean

Seorang penulis/penerjemah bahasa Inggris. Memulai karier sebagai Content Writer di Gojek (2017-2019), lalu bergabung ke mobil123.com pada Desember 2021.


Berita Utama


Komentar