Tips Naik Motor Saat Musim Hujan

Berita Otomotif

Tips Naik Motor Saat Musim Hujan

JAKARTA – Naik motor atau riding menggunakan sepedamotor di musim penghujan memerlukan teknik khusus dan mempersiapkan peralatan pendukung.

Jakarta dan beberapa daerah di sekitarnya belakangan ini terus diguyur curah hujan yang cukup tinggi. Artinya musim penghujan sudah datang, sehingga beberapa hal harus dipersiapkan sebelum berkendara khususnya roda dua.

Tidak hanya mempersiapkan peralatan untuk berkendara pada saat hujan turun, bermotor di musim hujan juga memerlukan teknik khusus. Hal ini menjadi penting agar tidak menyebabkan masalah di kemudian hari. Berikut ini beberapa tips mempersiapkan diri berkendara yang dikumpulkan dari beberapa sumber.

  • Jas Hujan

Jas hujan merupakan penyelamat para pemotor di musim hujan. Peralatan ini wajib ada di dalam kompartemen, bagasi motor atau dimasukkan dalam tas. Jas hujan motor tersedia dalam berbagai model yakni one pieces atau two pieces. Model pertama memang lebih praktis namun mengundang bahaya karena bisa tersangkut pada rantai motor. Selain itu jas hujan yang kerap disebut kelelawar juga tidak sempurna dalam melindungi tubuh dari terpaan air hujan.

Dipasaran juga banyak ditawarkan jas hujan model ponco yang dibanderol cukup murah. Jas hujan model ini memang lebih praktis digunakan, namun umur pakainya relatif singkat. Karena menggunakan bahan plastik yang tipis, jas hujan model ini lebih cepat sobek.

  • Fitur-Fitur Motor

Periksa kondisi fitur utama komponen kendaraan meliputi kemudi, pedal rem, gas suspensi maupun kopling apakah sudah dalam kondisi baik. Berikan perawatan ekstra selama musim hujan, karena untuk mengantisipasi keadaan darurat.

  • Ban

Periksa kondisi tekanan udara dalam ban dan kedalaman alur ban secara rutin, minimal seminggu sekali. Kondisi tekanan ban yang cukup dan alur ban yang masih baik akan menghindari kendaraan anda melayang di atas air (aqua planing) dan tergelincir (slip) pada saat hujan. Jangan mengambil resiko dengan menggunakan ban yang sudah tipis.

bermotor di musim hujan

  • Kecepatan

Kurangi kecepatan dalam mengendarai kendaraan khususnya motor, karena pada saat hujan karena permukaan jalan licin, akibat dari bercampurnya oli dengan air agar ban anda tidak tergelincir (selip). Mengemudikan kendaraan dalam kondisi kecepatan rendah akan membuat alur ban kendaraan anda lebih banyak bersentuhan langsung dengan aspal dan membuat daya cengkaram ban lebih baik.

  • Jaga Jarak

Jaga jarak aman kendaraan Anda dengan pengendara lain. Karena pada saat hujan, pengereman kendaraan membutuhkan jarak yang lebih jauh daripada kondisi kering.

  • Waspada Genangan

Jangan sembarang menerobos genangan air, karena kita tidak tahu kedalamannya. Hal ini bisa mengakibatakan kendaraan mogok atau terperosok, ke dalam lubang yang mungkin ada di dalam genangan tersebut. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar