Konsumsi BBM Honda Mobilio Facelift Bisa Seirit LCGC, Tapi Ada Konsekuensinya

Panduan Pembeli

Konsumsi BBM Honda Mobilio Facelift Bisa Seirit LCGC, Tapi Ada Konsekuensinya

JAKARTA – Honda Mobilio facelift masih mampu mencatatkan hasil konsumsi bahan bakar minyak (BBM) sangat hemat, bahkan bisa setara dengan mobil low cost green car (LCGC) yang di atas 20 km/liter. Siapa tahu saja Anda ingin mengetahui caranya, agar bisa dipraktikkan dalam kondisi darurat  seperti bensin menipis di tengah kemacetan atau 'tanggal tua'.

Tentu, kondisi tersebut membutuhkan pengetahuan mengenai teknik eco driving (mengemudi hemat BBM). Satu lagi adalah setelan suhu pendingin udara seminimal mungkin atau malah mematikannya.

Dua hal ini yang dilakukan Mobil123.com saat Honda ‘menantang’ para media massa mencapai titik efisiensi BBM maksimal Mobilio facelift pada Rabu (27/2/2019). Mobil123.com sendiri mampu menjadi yang paling irit di antara media massa lain dengan konsumsi BBM 21,6 km/liter.

Satu hal penting yang mesti disebut dalam pencapaian konsumsi BBM 21,6 km/liter tersebut adalah dimatikannya AC. Ini Mobil123.com lakukan karena benar-benar penasaran mengetahui kemampuan maksimal low multi purpose vehicle (LMPV) tersebut di rute riil yang diwarnai kemacetan.

Konsekuensi dari tindakan ini ialah berkurangnya kenyamanan dalam berkendara apalagi ketika mulai memasuki siang hari.

Tingkat keiritan kedua, uniknya, juga 21,6 km/liter. Tapi, sang pengemudi lebih lama dua menit sampai ke titik akhir perjalanan ketimbang Mobil123.com. Sementara, posisi ketiga adalah 21,5 km/liter.

Mereka semua juga tidak menyalakan AC. Rekan-rekan media massa lain yang penasaran uji irit dengan teknik eco driving tapi tetap ingin memasang AC rata-rata mencatatkan hasil sekitar 17 km/liter.

Rute uji irit Mobilio facelift dimulai dari Cilandak Town Square, Jakarta Selatan menuju Ancol, Jakarta Utara namun memutar terlebih dahulu melewati Serpong dan Pantai Indah Kapuk dengan total jarak tempuh 65,8 km menurut Multi Information Display (MID).

Sekadar mengingatkan, Mobilio facelift meluncur pada 21 Februari di Jakarta. Dengan harga tak berubah, ada diferensiasi pada aksesoris, nuansa interior, plus Head Unit anyar di tipe S MT, E MT, E CVT, RS MT, RS CVT. Semua ubahan lengkapnya dapat Anda lihat di sini.

Lebih lanjut, Mobil123.com, di sesi irit-iritan, mendapatkan tipe E bertransmisi CVT. Varian E sendiri merupakan kontributor penjualan terbanyak Mobilio saat ini.

“Tipe E kontribusinya di atas 50 persen, bisa sampai 60 persen. Tipe S dan E sendiri kalau digabung sekitar 85 persen,” ujar Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran PT. Honda Prospect Motor di sela-sela acara.

Eco Driving
Kondisi lalu lintas yang lancar di Cilandak hingga Serpong melalui jalur tol memudahkan Mobil123.com dalam melakukan eco driving hingga sempat mencapai 23,1 km/liter. Inti teknik ini sendiri adalah menjaga putaran mesin di kisaran 1.000 – 1.500 rpm, sementara kecepatan maksimal adalah 70 km/jam.

Pedal gas juga harus diinjak perlahan setiap memulai berjalan. Kemudian, pintar-pintarlah memilih jalur untuk meminimalisir aksi menginjak rem. Jaga jarak cukup agar deselerasi kendaraan cukup dilakukan dengan melepas gas.

Sebelum tanjakan, mobil sudah harus mendapatkan torsi cukup agar konsumsi BBM rata-rata di MID tak melorot. Di turunan, lepas gas dan biarkan mobil meluncur memanfaatkan gaya inertia.

Ujian sesungguhnya adalah ketika mulai memasuki Tol Pluit yang macet hingga Ancol. Sepanjang jalur itu, modal tersisa hanya tekanan halus pada gas dan pemilihan jalur tepat karena teknik-teknik lain tak bisa lagi dipakai.

Jika Anda ingin mencapai konsumsi BBM seiirit yang Mobil123.com lakukan, ada konsekuensi yang mesti ditanggung. Di antaranya, yang paling tidak menyenangkan, adalah mandi keringat karena tidak menggunakan AC jika berkendara siang hari.

Bagaimanapun, metode di atas patut dipertimbangkan jika sewaktu-waktu Anda berada dalam kondisi-kondisi darurat, bukan? [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support