Tim F1 McLaren Honda, Kehilangan ExxonMobil Menanti BP

Berita Otomotif

Tim F1 McLaren Honda, Kehilangan ExxonMobil Menanti BP

LONDON – Prestasi McLaren dibalap F1 belakangan memang kurang mengembirakan,  akibatnya satu per satu sponsor lepas dari rangkulan mereka.

Baru-baru ini ExxonMobil yang merupakan “kawan lama” tim McLaren memutuskan hubungan. Perusahaan minyak asal Texas, Amerika Serikat ini dikabarkan memalingkan dananya kepada tim F1 lain yakni Red Bull.

Dengan ini hubungan kerjasama 21 tahun antara McLaren dan ExxonMobil ini akhirnya berakhir. Padahal dalam kurun waktu tersebut mobil F1 McLaren selalu menggunakan produk Mobil1. Dan kolaborasi keduanya ini telah mencetak prestasi 4 kali juara dunia serta 78 kali menang dalam seri Grand Prix.

Tapi itu dulu, karena belakangan, terutama 2 musin terakhir tidak pernah meraih podium. Tepatnya tidak pernah juara seri sejak 2012, drivers' championship sejak 2008 dan konstruktor sejak 1998.

Turunnya prestasi McLaren tentunya memuluskan jalan Red Bull untuk memikat ExxonMobil. 

Hilangnya sponsor McLaren dan pindah ke Red Bull memang bukan yang pertama kali terjadi. Sebelumnya Red Bull telah memikat hati perusahaan jam ternama asal Swiss TAG Heuer yang sebelumnya bekerja sama dengan McLaren.

Namun rupanya esa hilang dua terbilang, menurut Motorsport.com, beberapa sponsor rupanya sudah menanti untuk bekerja sama dengan McLaren. Salah satu yang terbesar adalah perusahaan minyak BP. Meski masih belum dapat dikonfirmasi, BP menaruh minat untuk bekerjasama dengan McLaren. 

Jika terealisasi, ini menjadi come back BP ke F1 sejak 22 tahun lalu. Dan nantinya McLaren akan menggunakan bensin BP serta oli Castrol untuk mesin Honda miliki mereka. [Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual