Tiga Tahun Diskontinyu, Segini Harga Toyota Etios Valco Bekas Sekarang

Mobil Bekas

Tiga Tahun Diskontinyu, Segini Harga Toyota Etios Valco Bekas Sekarang

Harga Toyota Etios Valco bekas termurah kini hanya puluhan juta rupiah. Semahal – mahalnya, banderol yang dipasang pedagang tak jauh dari Rp100 juta.

Etios Valco merupakan hatchback murah/city car yang pernah meramaikan jagat otomotif nasional. Mobil ini bahkan langsung dirakit di pabrik Toyota di Karawang, Jawa Barat dari awal penjualannya pada 2013.

Namun, tak sampai lima tahun, Toyota memutuskan untuk menghentikan produksi plus penjualannya. Ini adalah sebuah keputusan yang amat jarang diambil oleh Toyota di Nusantara.

Sebelum kita bahas mengenai kisaran harganya saat ini, mari mengingat dulu rekam jejaknya di Tanah Air berdasarkan penelusuran dari berbagai sumber.

Bakal diinformasikan pula sekelumit gambaran kondisi di pasar city car yang pemainnya makin lama makin sedikit.

Sejarah Singkat Toyota Etios Valco di Indonesia

Etios Valco menjalani debut nasionalnya pada Maret 2013, enam bulan setelah duo city car di segmen low cost green car (LCGC) yakni Toyota Agya – Daihatsu Ayla diperkenalkan.

Etios Valco diposisikan di antara Agya dengan Toyota Yaris. Maklum, memang ada gap alias celah yang besar di antara dua produk tersebut.

Toyota Etios Valco 2013

Harga city car bermesin bensin 1.2-liter ini ketika pertama kali mengaspal terbilang murah. Tipe termurah hanya Rp135,5 juta on the road (OTR) Jakarta, sedangkan tipe termahalnya Rp161,6 juta OTR Jakarta.

Ada tiga tipe Etios Valco yang Toyota sediakan yaitu J, E, dan G. Seluruhnya hanya tersedia dalam transmisi manual (MT).

Pada Januari 2015, Toyota menghadirkan penyegaran yang bersifat minor change. Dua bulan setelahnya, salah satu pabrikan otomotif terbesar dunia asal Jepang ini merilis varian tambahan bernama TOM’S yang menjadi opsi termewahnya.

Etios Valcon TOM’S mengambil basis dari tipe E yang lebih ‘didandani’ lagi.

Akan tetapi, semua versi penyegaran tersebut belum juga menampilkan pilihan transmisi otomatis. Toyota kukuh untuk hanya menjual Etios Valco bertransmisi MT.

Nahas, penjualan city car ini makin lama makin seret. Pada Oktober 2017, sang pabrikan lalu memutuskan untuk memberhentikan produksi Etios Valco dan tinggal menghabiskan stok tersisa.

Kemudian, sejak Januari 2018, dealer – dealer resmi mereka sudah tidak lagi menjual model tersebut.

Dalam wawancara di sela – sela pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017, Fransiskus Soerjopranoto yang ketika itu menjabat sebagai Executive General Manager PT. Toyota Astra Motor (TAM) sempat menjelaskan mengapa transaksi jual – beli Etios Valco makin berkurang dari tahun ke tahun.

Problemnya ada pada variasi tipe yang tidak menyediakan transmisi otomatis. Padahal, Agya saja mempunyai opsi transmisi itu.

“Masalahnya di Etios itu tidak ada transmisi matik. Kalau Agya, kan, ada pilihan matiknya. Jadi, lebih banyak konsumen yang pilih Agya matik,” pungkas Soerjo, sapaan akrabnya.

City Car yang Tumbang Selain Etios Valco

Dahulu, model – model di segmen city car Indonesia yang menjadi kompetitor Etios Valco cukup banyak. Akan tetapi, satu – persatu dari mereka pun hilang karena ‘disuntik mati’ oleh pabrikan masing – masing.

Jadi, bukan hanya Etios Valco yang harus 'mengibarkan bendera putih'.

Mereka semua harus pamit karena konsumennya lebih memilih model – model LCGC lima penumpang.

Nissan March 2017

City car yang juga didiskontinyu dalam lima tahun belakangan adalah Mitsubishi Mirage, Nissan March, Kia Picanto, Suzuki Splash, Suzuki Celerio, sampai yang terakhir Datsun Cross.

Kini, segmen city car murah non-LCGC hanya menyisakan sedikit pemain. Pilihannya cuma Suzuki Ignis, Daihatsu Sirion, Honda Brio RS.

Spesifikasi Toyota Etios Valco

Etios Valco dari awal hingga akhir hidupnya, tidak mengalami ubahan dari sisi dimensi maupun teknis. Bodinya memiliki panjang 3.775 mm, lebar 1.695 mm, serta tinggi 1.510 mm.

Di balik kap depannya, bersemayan mesin bensin 1.2-liter (1.197 cc), empat silinder, dengan kode 3NR-FE. Gelontoran tenaga puncaknya mencapai 80 ps di putaran mesin 5.600 rpm, sementara torsi maksimalnya 104 Nm di 3.100 rpm.

Daya kuda plus dorongan torsi didistribusikan dari mesin menuju kedua roda depan (front wheel drive/FWD) melalui transmisi manual lima percepatan. Seperti disebutkan pada pembahasan sebelumnya, Etios Valco tidak mempunyai opsi transmisi otomatis sepanjang hayatnya.

Toyota Etios Valco 2013

Secara eksterior, tampilan tipe J dan E model year 2013 – 2014 tak jauh berbeda. Sedikit diferensiasi antara lain ada pada pelek (tipe J steel wheel 14 inci, tipe E alloy wheel 15 inci) atau pun pegangan pintu plus kaca spion sewarna bodi pada  tipe E.

Tipe G, sebagai varian termewah, tentu saja terlihat paling gaya. Ada sporty aerokit serta fog lamp.

Daftar fitur standar pada tipe J misalnya saja lampu depan halogen, AC, Cooler Box, Front Pretensioner Seatbelt with Load Limiter, Seat Belt Warning, tujuh Cup Holder, Coin and Card Holder, Adjustable Front Headrest, Dual SRS Airbag.

Tipe E pastinya punya semua fitur tersebut. Namun, ada penambahan Power Steering, Head Unit 2DIN (radio AM/FM, CD, MP3, USB, AUX), empat Speakers, Tachometer, Tilt Steering, Power Door Lock, Power Window with Auto Down, Power Outlet 12 V, Rear Window Wiper.

Tipe G diparipurnakan dengan Electric Outer Mirror, Audio Steering Switch, lingkar kemudi berlapis kulit, Intermittent Wiper, sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) + Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Security System, Head Unit 2DIN dengan tampilan berbeda.

Toyota Etios Valco 2015

Penyegaran Etios Valco pada Januari 2015 menampilkan penyegaran minimalis di eksterior dan interior. Gril depan tipe J berdesain baru dengan warna dark-silver, sedangkan untuk dua tipe di atasnya menggunakan warna bernuansa krom.

Ada pula warna bodi baru Red Mica Metallic.

Fitur baru hanya terdapat pada varian terendah dan tengah yaitu penyematan Electric Outer Mirror yang dahulu hanya ada pada varian G. Terakhir, di sisi interior, Toyota menyuguhkan meter cluster dengan pergantian nuansa warna dari putih ke biru.

Toyota Etios Valco TOMS

Lantas, bagaimana dengan Etios Valco TOM’S yang hadir pada Maret 2015? Perbedaannya hanya terdapat pada aksesoris eksterior semisal bemper depan, bemper belakang, side skirt, roof spoiler.

Kisaran Harga Toyota Etios Valco Bekas

Di Mobil123.com, salah satu situs jual – beli kendaraan baru dan bekas Indonesia, saat artikel ini dinaikkan memampang 145 iklan Etios Valco bekas. Jumlah tersebut luar biasa sedikit dibandingkan total iklan mobil bekas yang mencapai lebih dari 49.500 ketika artikel ini naik tayang.

Pariwara Etios Valco bekas di Mobil123.com terdiri dari tahun produksi 2013 (20 iklan), 2014 (17 iklan), 2015 (12 iklan), 2016 (91 iklan), 2017 (5 iklan).

Etios Valco bekas termurah saat artikel ini dipublikasikan berbanderol Rp77 juta. Ada yang tahun produksi 2015 dengan tipe E, ada juga unit rakitan 2013 dengan tipe G.

Keduanya dijual oleh dealer yang berlokasi di DKI Jakarta.

Adapun Etios Valco termahal dipasangi label harga sekitar Rp120 – 140 jutaan. Unit-unitnya merupakan rakitan 2016 serta 2017. [Xan/Had]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar