Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Tiga Bulan, Ekspor Mobil Toyota Rakitan Indonesia Nyaris 80 Ribu Unit

Berita Otomotif

Tiga Bulan, Ekspor Mobil Toyota Rakitan Indonesia Nyaris 80 Ribu Unit

JAKARTA – Ekspor mobil Toyota buatan Indonesia dalam tiga bulan pertama 2023 diklaim mencapai hampir 80 ribu unit.

Toyota, menurut keterangan resmi baru-baru ini, membukukan ekspor 79.796 unit sepanjang Januari-Maret 2023.

Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu (year on year/yoy), terjadi pertumbuhan 9,4 persen, dari 72.911 unit.

Toyota sendiri menargetkan pertumbuhan ekspor sebanyak 5 persen pada 2023. Artinya, capaian pada kuartal pertama melampaui ekspektasi mereka.

Toyota Veloz diekspor ke luar negeri

“Bagi kami, mempertahankan kinerja ekspor Toyota Indonesia menjadi tantangan tersendiri," kata Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono.

"Kami ingin mengucapkan terima kasih atas kepercayaan konsumen baik domestik maupun internasional, yang telah memilih produk Toyota buatan sumber daya manusia (SDM) Indonesia sebagai pilihan utama, sehingga kami dapat mendukung pemerintah untuk meningkatkan daya saing industri otomotif dan industri komponen nasional yang menaungi lebih dari 1,5 juta anak bangsa,” lanjutnya. 

Salah satu model terbaru yang menjadi komoditas ekspor mereka sejak Februari tahun ini adalah Toyota Kijang Innova Zenix. Generasi ketujuh Kijang tersebut mengaspal sejak November 2022.

Hingga akhir 2023, ekspor Kijang Innova Zenix diproyeksikan mencapai 8.000 unit.

Adapun porsi Kijang Innova Zenix bensin tahun ini diperkirakan sebanyak 70 persennya, sedangkan 30 persen sisanya dikontribusikan oleh yang hybrid.

Toyota Kijang Innova Zenix diekspor dari Indonesia

“Indonesia dapat menjadi basis negara kendaraan elektrifikasi, dengan pembentukan ekosistem yang lebih cepat melalui kehadiran teknologi kendaraan yang beragam yang memberikan pengalaman nyata bagi konsumen untuk merasakan kendaraan elektrifikasi yang ramah lingkungan, aman, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup untuk generasi kini dan yang akan datang,” ujar Director of Administration, Corporate, External Affairs, Technical Government Affairs TMMIN Bob Azam.

Saat tutup tahun nanti, Toyota ingin mengekspor mobil buatan Indonesia ke sekitar 100 negara. Ini jauh lebih banyak daripada tahun lalu yang masih kisaran 80 negara, dengan total volume ketika itu menyentuh 297 ribu unit.

Daftar model Toyota bikinan Indonesia selain Kijang Innova Zenix, ialah Toyota Fortuner, Toyota Rush, Toyota Raize, Toyota Avanza, Toyota Veloz, Toyota Town/Lite Ace, Toyota Vios, Toyota Yaris, Toyota Agya.

Kijang Innova generasi lama juga terdata masih diekspor pada tiga bulan pertama 2023. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang