Tidak Akurat Kasih Data, Hyundai dan Kia Didenda Triliunan Rupiah

Berita Otomotif

Tidak Akurat Kasih Data, Hyundai dan Kia Didenda Triliunan Rupiah

WASHINGTON DC - Akibat Hyundai dan Kia tidak jujur (baca: tidak akurat) dalam memberikan tingkat produksi emisi setiap mobil mereka, pemerintah USA mmberikan denda besar sangat besar. Hyundai dan Kia setuju membayar denda hingga US$ 100 juta atau sekitar Rp 1,2 triliun.

Denda untuk menutup penyelidikan pemerintah Amerika karena keduanya dianggap melebih-lebihkan tingkat efisiensi bahan bakar.  Penyelesaian ini juga menjadi sejarah karena hukuman dendanya merupakan terbesar atas pelanggaran aturan Clean Air Act.

Pemerintah Amerika Serikat mengklaim ada 1,2 juta kendaraan Hyundai dan KIA yang 'tidak sesuai dengan pengakuan' dengan kelebihan produksi 4,75 metrik ton gas rumah kaca. Nilai denda dari 4,75 juta metrik ton itu sesungguhnya adalah US$ 200 juta, tapi setelah negosiasi pada akhirnya keduanya didenda hanya US$ 100 juta.

"Bisnis yang bermain sesuai aturan tidak harus bersaing dengan mereka yang melanggar hukum," kata administrator EPA Gina McCarthy.

"Penyelesaian ini menjunjung tinggi integritas efisiensi bahan bakar dan program gas rumah kaca nasional dan mendukung semua orang Amerika yang ingin menghemat bahan bakar serta mengurangi dampak pada lingkungan mereka," tambahnya.

Hyundai dan KIA juga didorong untuk merevisi klaim efisiensi bahan bakar pada lebih dari sepertiga mobil model tahun 2011-2013 yang mereka jual sampai Oktober 2012. Sebagian dari kendaraan yang dimaksud, tingkat efisiensinya diduga sengaja diturunkan 1-4 mpg atau sekitar 0,43-1,7 km/liter untuk membuat tingkat efisiensi mereka terlihat oke.

Sebagai bagian dari perjanjian, Hyundai dan KIA juga telah sepakat untuk mengaudit mobil-mobil model tahun 2015-2016 untuk mengonfirmasi keakuratan peringkat efisiensi bahan bakar mereka. [Syu/Idr]

Bergabunglah di Facebook dan Twitter Mobil123.com

 



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual