Tidak Ada Asuransi All Risk

Panduan Pembeli

Tidak Ada Asuransi All Risk

JAKARTA - Bagi para pemilik kendaraan, asuransi adalah sebuah hal yang penting. Ada banyak jenis asuransi yang bisa dipilih oleh pemilik kendaraan. Tapi ingat, tidak ada asuransi 'all risk.'

Ya, salah kaprah sering terjadi ketika memilih sebuah asuransi, terkait asuransi all risk ini. Padahal, tidak ada yang pihak asuransi yang menanggung semua resiko dalam satu paket asuransi.

Pada dasarnya, ada dua jenis perlindungan asuransi yakni Comprehensive maupun Total Loss Only (TLO). Keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Di asuransi TLO pihak asuransi memberikan perlindungan terhadap mobil bila mobil yang diasuransikan mengalami kerusakan secara total atau hilang karena pencurian. Biasanya kerusakan yang dimaksud harus mencapai 75% dari nilai mobil itu saat terjadi kecelakaan.

Contoh paling mudah, bila sebuah mobil yang diasuransikan dengan jenis perlindungan TLO dan mengalami kerusakan kecil seperti baret di body, spion raib atau kerusakan kecil lain, maka si pemilik tidak bisa klaim asuransi TLO mereka.

Lain halnya bila mobil mengalami kecelakaan dan rusak parah. Maka si pemilik bisa melakukan klaim asuransi mereka bila memang kerusakan yang terjadi nilainya lebih dari 75% nilai mobil saat itu.

Tentu ini sangat riskan. Nah, bagi Anda yang mau perlindungan lebih luas, maka harus mengambil jenis asuransi Comprehensive. Dengan jenis asuransi ini, pihak asuransi akan memberikan perlindungan terhadap mobil meski mobil itu mengalami kerusakan kecil maupun besar karena cakupan asuransi ini lebih luas. Hal-hal yang tadi tidak di cover oleh asuransi TLO bakal di cover oleh asuransi Comprehensive.

Tapi ingat, itu tidak memberi perlindungan pada segala resiko. Makanya, kadang asuransi Comprehensive ini disebut dengan sebutan asuransi All Risk. Padahal tidak.

Bila si pemilik mobil mau memperluas perlindungan terhadap kendaraan mereka seperti cover asuransi bila mobil terkena banjir, topan, gempa bumi atau tsunami serta kerusuhan, maka si pemilik harus mengambil paket tambahan yang opsional.

Ada pula jenis perlindungan yang cukup penting lain yakni perluasan tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga (TJH III).

Bagi yang ingin mendapatkan perlindungan lebih menyeluruh terhadap kendaraan beserta penumpang di dalamnya, bisa menggunakan perluasan perlindungan yang ada. 

Perluasan perlindungan ini sifatnya opsional, bisa Anda ambil atau tidak. Jenis-jenis perluasan perlindungan yang umumnya ditawarkan oleh perusahaan asuransi adalah perluasan risiko akibat banjir dan angin topan; gempa bumi dan tsunami; huru-hara dan kerusuhan; terorisme dan sabotase; tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga; kecelakaan diri untuk penumpang; dan tanggung jawab hukum terhadap penumpang.

Anda dapat mengambil salah satu perluasan perlindungan yang disebutkan di atas, atau Anda bisa mengambil semua perluasan yang ada. Setiap perluasan yang ada memiliki tambahan premi yang berbeda-beda. 

Untuk perlindungan TLO, jika Anda tidak mengambil perluasan perlindungan huru-hara, kerusuhan, banjir, atau tsunami, maka ketika mobil rusak lebih dari 75% karena huru-hara maupun hilang karena terseret tsunami, maka pihak perusahaan asuransi tidak akan melakukan penggantian karena mobil Anda tidak memiliki perluasan perlindungan, hanya mengambil perlindungan dasar.

Perluasan perlindungan yang cukup penting adalah perluasan tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga (TJH III). Dengan jenis asuransi ini, maka pihak asuransi akan memberi pertanggungan bila Anda secara hukum diwajibkan membayar kerugian yang diderita seseorang (pihak ketiga) akibat adanya kelalaian yang dilakukan oleh Anda.

Misalnya Anda menabrak mobil lain dan diminta ganti rugi, maka asuransi akan menanggungnya asalkan opsi TJH III ini dibeli juga. [Syu/Idr]

 

Temukan mobil idaman di Mobil123

Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter.



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support