Test Fitur Keselamatan Wuling Cortez

Review

Test Fitur Keselamatan Wuling Cortez

JAKARTA – Wuling Cortez dilengkapi fitur keselamatan cukup lengkap dan terbukti memiliki unjuk kerja yang patut diapresiasi.

PT Wuling Motors sepertinya ingin show off tentang produk terbarunya yakni Wuling Cortez kepada awak media sebelum benar-benar diluncurkan sekitar Februari 2018. Pada kesempatan perkenalan kepada beberapa media nasional termasuk Mobil123.com, pabrikan asal China yang memiliki pabrik di Cikarang, Jawa Barat ini menggunakan Sirkuit Sentul yang kemudian disulap menjadi arena uji dengan beberapa check point.

Pada kesempatan ini sistem keselamatan berkendara benar-benar diuji seberapa jauh kinerjanya. 

Pengujian pertama adalah untuk sistem pengereman yang telah dilengkapi ABS, EBD dan BA. Mobil123.com melakukan akselarasi dengan Wuling Cortez pada k kecepatan 100 km/jam dan menginjak rem dengan metode panic brake alias dilakukan pengereman langsung hingga diam. Hasilnya, Wuling Cortez dapat berhenti dengan sempurna.

Baca juga : Spesifikasi Wuling Cortez 2018 Bikin Merinding

Mobil dengan tenang dapat berhenti dalam jarak beberapa meter dari titik pengereman dilakukan. Sayang tidak dilakukan berapa meter jarak berhentinya, namun menurut Mobil123.com tidak terlalu jauh.

Yang juga menjadi perhatian adalah feed back dari rem ABS yang cenderung smooth. Pada rem langsung ngikuti gerakan pedal kaki tanpa efek tendangan balik. Kerja ABS samar terdengar dan terasa saat katup pengereman buka-tutup pada masing-masing roda hingga mobil diam. Pada kondisi ini efek negatif seperti mobil bergerak liar tidak terjadi sama sekali.

Uji ESC dan AVH serta HHC

Pengujian selanjutnya adalah melakukan manuver untuk merasakan sejauh mana kerja Electronic Stability Control (ESC) yang berada persis setelah belokan S kecil di Sirkuit Sentul. Pada kesempatan ini Wuling Cortez Mobil123.com melakukan pada kecepatan rata-rata 80 km/jam dan langsung bermanuver agresif melewati rintangan ke kanan kemudian ke kiri.

Hasilnya, mobil dapat dengan mudah dikendalikan dan tetap berada pada jalur yang telah ditentukan. Pada kondisi ini, gejala negatif seperti understeer pada low MPV berpenggerak roda depan dan memiliki karakter suspensi medium layaknya MPV pada umumnya, boleh dibilang minim terjadi. Demikian juga tidak terasa gejala limbung yang berlebihan atau masih dalam batas toleransi.

Setelah itu Mobil123.com menggeber Wuling Cortez menuju pit stop dengan kecepatan rata-rata dalam rentang 60-100 km/jam. Melewati beberapa tikungan dan melakukan pengereman seusuai dengan braking point yang ditentukan, mobil dapat bergerak sempurna. Artinya dapat diarahkan sesuai dengan racing line yang telah ditentukan.

Pengujian terakhir adalah merasakan padauan fitur Automatic Vehicle Holding (AVH) yang bisa diaktifkan melalui tombol dibelakang tombol parking brake dan Hill Hold Control (HHC). 
Melewati rintangan seperti jembatan dengan kemiringan sekitar 30 derajat naik dan juga turun, mobil dapat berhenti sempurna setelah rem injak kemudian kaki diangkat. Untuk berjalan kembali Anda hanya butuh menekan lembut pedal gas. 

Dari pengujian di atas, rasanya layak jika acungan jempol dilayangkan untuk Wuling Cortez. Keunggulan ini layak untuk dicermati para kompetitor terdekatnya. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual