Test Drive Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo AT 2016

Review

Test Drive Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo AT 2016

JAKARTA – Segmen SUV terus menjadi primadona selain MPV. Hampir semua brand memiliki SUV, entah itu small, medium atau hingga fullsize.

Salah satunya adalah Toyota yang menambah 2 varian Toyota Rush sejak Februari 2016: Toyota Rush TRD Sportivo 7 M/T dan 7 A/T, serta Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo M/T dan A/T.

Perbedaan paling besar yang terdapat pada keempat mobil tersebut dibanding lineup sebelumnya adalah kapasitas penumpang. Toyota Rush TRD Sportivo 7 dan Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo diperkaya dengan 3 baris jok untuk mengangkut 7 orang.

Artikel bersambung dibawah

Melihat perbedaan tersebut, kami pun penasaran untuk menjajal Toyota Rush Sportivo Ultimo A/T.

Eksterior

Toyota Rush
Dilihat sekilas, Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo AT hadir dengan tampilan yang sama dengan tipe standard. Namun jika perhatikan dengan seksama, maka terlihat beberapa perbedaan. Ya, jika dibanding dengan Toyota Rush non-TRD maka tampilan Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo AT tampil lebih jantan.

Toyota menambahkan aerokit TRD Sportivo di bagian depan & belakang, serta tambahan side sticker sehingga menjadikan tampilan Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo menjadi lebih menarik. Kesan gagah tersebut ditambahkan dengan new alloy wheel.

Tak puas dengan itu, Toyota juga menambahkan stiker berwarna merah pada grille depan dan rear spare tire cover. Meski hanya stiker, namun penambahan ini berhasil membuat tampilan Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo menjadi lebih agresif.

Interior


Masuk ke dalam kabin, Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo menjamu kita dengan jok-jok berwarna hitam berhiaskan garis-garis putih dengan jahitan berwana merah. Untuk membuatnya lebih berwarna, Toyota menyematkan beberapa garnish berwarna silver pada beberapa bagian seperti lingkar kemudi dan pintu.

Meski secara keseluruhan tampilannya masih monoton, namun dengan serangkaian 'colekan' tersebut, interior Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo sedikit lebih sporty, seperti pada tampilan luar.

Mesin

toyota rush
Toyota masih menggunakan mesin yang sama untuk mobil ini yaitu mesin berkapasitas 1.500cc DOHC, VVT-i. mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 107hp dan torsi mencapai 141Nm. Mesin ini dianggap sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumen Toyota khususnya di perkotaan.

Performa

toyota rush
Kini giliran untuk mencicipi perfoma dari Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo A/T. Saat duduk, jujur joknya terbilang keras dan bahannya agak panas. Namun Toyota cukup memperhatikan ergonomis kabin depan. Kami dengan mudah menjangkau seluruh fitur yang disematkan tanpa kesulitan.

Seat belt dipasang, masuk gigi 1, rem parkir dilepas dan kaki langsung menginjak pedal gas dalam-dalam. Mobil pun langsung melesat maju, namun meski mobil dipacu kencang, kecepatan dari 0-100 km jam diperlukan waktu sedikit lama.

Kami pun mulai mengarahkan mobil ke tol Jakarta-Cikampek. Kami memang tidak membawa SUV ini ke medan berat karena kami sadar bahwa pengguna Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo AT biasanya hadir di daerah perkotaan.

Saat di dalam tol, perfoma mobil terasa lebih baik. Mobil terasa lincah meliuk-liuk di tengah lalu lintas yang kala itu terbilang ramai lancar. Pedal gas yang nyaman di kaki menjadikan kami cukup mudah untuk menjaga kecepatan konstan.

Meski berada di kecepatan 100km/jam, Toyota Rush tidak menunjukkan gelaja tersebut. Mobil masih dalam pengendalian. Namun saat kecepatan masuk ke 120 km/jam, gejala limbung pun mulai terasa perlahan.

Ah, rasanya menunggu generasi baru Toyota Rush akan lebih menyenangkan dibandingkan generasi yang dikenalkan pertama kali pada 2007 ini.

Kenyamanan


Soal kenyamanan, pada baris pertama terbilang cukup nyaman. Hal ini karena jok mobil dapat dimundurkan sesuai kebutuhan. Hasilnya adalah ruang kaki luas dan kaki bisa lebih mudah ‘selonjoran’.

Sementara untuk baris kedua, kenyamanan duduk tergantung pada ada atau tidaknya orang di baris ketiga. Bila tidak ada, maka sandaran bisa dibuat lebih rebah. Namun bila ada orang-orang di belakang, maka posisi sandaran harus lebih tegak. sedangkan untuk ruang kaki di baris kedua, kami akui sangat cukup.

Di baris ketiga, jujur saja posisinya agak sengsara untuk orang-orang dewasa. Ruang kaki sempit. Sandaran kursi baris kedua harus ditegakkan untuk memberi ruang yang cukup.

Fitur Keselamatan


Sebagai SUV compact, maka tidak heran jika Toyota Rush sering digunakan olehn para petualang menjelajahi daerah-daerah wisata yang antimainstream. Untuk itu, Toyota pun telah melengkapi serangkaian fitur keselamatan pada Toyota Rush.

Di antaranya adalah Dual SRS Airbag, sistem ABS, seatbelt with pretensioner & force loimiter, Isofix pada baris kedua, rear parking sensor, hingga alarm system. Semua fitur tersebut telah hadir pada seluruh tipe Toyota Rush.

Harga dan Kesimpulan


Toyota Rush Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo AT dijual dengan harga Rp 262.450.000 terbilang cukup menggoda. Apalagi bila melihat harga jual kembalinya yang cukup bertahan, tentu menjadikan nilai plus tersendiri untuk sebagian orang.

Namun tidak dapat dipungkiri, meski Toyota telah berusaha membuatnya menjadi lebih sporty namun desainnya yang itu-itu saja dapat membuat orang jenuh.

Nah apakah Anda sudah jenuh dengan desain ini? Bila belum, maka TRD Sportivo Ultimo cocok untuk Anda. [Adi/Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual