Test Drive New Hyundai i20

Review

Test Drive New Hyundai i20

JAKARTA – Hyundai memanaskan persaingan di segmen hatchback dengan kembali mengenalkan i20 di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 beberapa waktu silam. 

Kendaraan jenis hatchback di Indonesia memiliki persaingan yang cukup ketat. Pabrikan-pabrikan papan atas khususnya asal Jepang bersaing menampilkan produk terbaiknya di kelas ini. 

Perjalanan i20 di Tanah Air sendiri terbilang kurang mulus pada masa lalu. Kini dengan sentuhan desainer baru, PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) menampilkan wajah baru mencoba kembali peruntungan. Tangan dingin Peter Schreyer berhasil membuat produk-produk baru mobil Korea ini tampil lebih elegan namun dengan beberapa nuansa yang membuatnya tampak lebih sporti.

Mobil123.com berkesempatan untuk melakukan pengujian city oriented bersama Hyundai i20. Beberapa lokasi kami tuju untuk merasakan sensasi berkendara dengan hatchback yang juga digunakan dalam ajang World Rally Championship (WRC).

Eksterior


New Hyundai i20 secara umum masih tampil sebagai sebuah hatchback elegan. Praktis tidak menawarkan garis-garis bodi yang agresif seperti para kompetitor di kelasnya. Namun kini Hyundai menghadirkan sedikit nuansa sporti melalui update pada beberapa bagian. Seperti memberikan sentuhan pada head lamp yang selaras dengan engine hood berpadu dengan grille berbentuk trapesium terbalik plus aksen krom pada sisi-sisinya. 

Bagian paling menarik dari Hyundai i20 menurut kami adalah lampu belakang. Dengan menggunakan teknologi LED, rearlamp mobil berkelir biru (Pristine Blue) ini sungguh menarik dilihat mata. Posisi lampu mundur ditempatkan pada bagian bawah bersampingan dengan reflektor. Tampilan juga diperkuat oleh desain lingkar roda 16 inci model palang dan dibungkus ban achilles berukuran 195/65 .

Kami mengabadikan tampilan dari Hyundai i20 dengan gadget Lenovo Vibe K4 Note. Refleksi tampilan mobil diabadikan dengan baik berkat kamera depan beresolusi 13 mega pixel. Lebih lagi, kamera dari smartphone ini memiliki beberapa fitur menarik seperti PDAF fast focus, phase detection, Digital Image stabilitation plus Scene mode, HD serta panorama. 

Interior

Masuk kedalam kabin, manufaktur asal Korea ini melabur seluruh bagian interior dengan aksen hitam. Hal ini dimaksudkan guna memberikan kesan sporty dan memberikan kesan lapang.

Sudut-sudut berbentuk trapesium masih terlihat pada dashboard dan trim. Sepintas bentuk seperti ini mirip dengan model-model sebelumnya yang pernah kami test (Santa Fe & Tucson). Bedanya adalah pada Hyundai i20 terlihat lebih minim fitur, maklum saja dari segi harga produk ini jauh lebih murah.

Contohnya pada alat kemudi, meski berbalut kulit, Hyundai hanya menyematkan pengatur audio dan tombol pengaturan odometer.

Mengalihkan pandangan ke tengah, kita akan melihat monitor yang menampilkan fitur audio dan sistem navigasi. Perangkat ini dapat terkoneksi dengan gadget melalui bluetooth.

Menurut kami, sistem audio Hyundai i20 cukup tricky jika Anda baru pertama kali mencobanya. Karena default dari pabrikan diatur pada tingkat volume 5, jadi ketika pertama kali diaktifkan suara yang keluar terlalu besar. Anda bisa mengaturnya pada tingkat volume 2 dengan membaca petunjuk pada manual.

Performa


Usai mengamati kabin, kami tidak sabar untuk mencoba performa hatchback buatan pabrik Hyundai di Chennai India tersebut.

First impression, suasana kabin cukup nyaman salah satunya berkat sistem insulasi yang mampu meredam suara-suara dari luar kabin. Termasuk suara mesin berkapasitas 1368 cc, berpenggerak roda depan  nyaris tidak terdengar dalam kabin.

Hyundai hanya menawarkan dua pilihan transmisi yakni manual 5-percepatan dan matik 4-percepatan. Kebetulan HMI memberikan kami kesempatan untuk mencoba tipe GL yang berarti transmisi otomatis.

Ergonomika juga terbilang baik, kami dapat mengatur posisi mengemudi paling ideal sesuai selera. Lingkar kemudi dan jok dapat diatur sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan dan terasa pas menopang tubuh.

Perjalanan dimulai dari seputaran wilayah Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, dimana kondisi jalan tergolong padat siang itu. Respon dari mesin Hyundai i20 yang memiliki tenaga 98 hp pada 6.000 rpm dan torsi 132 Nm @ 4.000 rpm tergolong moderat. Anda harus menyesuaikan putaran mesin untuk dapat memaksimalkan tenaganya.

Mobil tidak akan langsung berjalan ketika Anda menginjak gas dalam-dalam, butuh beberapa saat untuk melaju. Agak mengganggu saat akselerasi dibutuhkan untuk melewati kendaraan. Untuk menyiasati respon tersebut Anda bisa menggunakan mode tiptronic pada transmisi.

Memasuki jalan bebas hambatan, kami mencoba membangun kecepatan. Tidak ada masalah berarti saat Hyundai i20 melaju dengan kecepatan rata-rata 80 – 120 km/jam.

Nuansa yang paling menonjol untuk dikomentari adalah setting suspensi dari Hyundai i20. Secara umum memiliki karakter bantingan medium dengan mengandalkan kombinasi MacPherson Strut di depan serta Coupled Torsion Beam Axle di belakang. Hal tersebut membuat Hyundai i20 terasa nyaman saat melewati jalan bumpy hingga berlubang.

Selain itu, kami juga merasakan mantapnya kendaraan saat melakukan manuver dengan kecepatan sedang hingga tinggi saat melewati tikungan di jalan bebas hambatan. Fitur Motor Driven Power Steering (MDPS) semakin meningkatkan kenyamanan berkendara. Alat kemudi terasa ringan pada kecepatan rendah namun pada kecepatan tinggi, pengendalian kendaraan semakin kian mantap. Boleh dibilang sensasinya tidak jauh berbeda dengan yang dimiliki kendaraan-kendaraan asal Eropa. 

Kesimpulan
Hatchback di Indonesia memiliki pasar yang cukup seksi. Meskipun buatan India, Hyundai i20 menawarkan kenyaman ala mobil Eropa. Mobil ini cocok bagi Anda yang berjiwa muda dengan beragam aktivitas harian dalam kota.  [Dew/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support