Test Drive Mazda CX-3, Membuktikan Keunggulannya

Berita Otomotif

Test Drive Mazda CX-3, Membuktikan Keunggulannya

JAKARTA - Desain dan rancang bangun Mazda CX-3 memiliki beberapa plus point yang patut dicermati.

Mulai hari ini, Kamis-Jumat (20-21/4), PT Eurokars Motors Indonesia mengajak rekan-rekan media nasional termasuk Mobil123.com untuk melakukan ujicoba compact crossover SUV terbaru andalan mereka Mazda CX-3. Setelah diluncurkan pertengahan Maret 2017, ini adalah kesempatan pertama untuk mencermatinya lebih dalam. Ada pun perjalanan dimulai dari Jakarta menuju Bandung dan kembali ke Jakarta esok hari.

Sedikit flashback, rasanya tak salah jika Mazda CX-3 menjadi the new greatest contender atau penantang hebat terbaru di kelasnya. Tidak berlebihan bahwa Honda HR-V perlu dengan seksama untuk mencermati kehadirannya.

Secara umum, sebagai model crossover, Mazda CX-3 memiliki gabungan desain antara hatchback dan SUV. Dengan platform yang sebangun Mazda2 SkyActive, tampilannya dibuat sedikit lebih tinggi.

Para engineer Mazda sepertinya mencoba menciptakan mobil sesuai karakter konsumen. Terlihat dari proporsi Mazda CX-3 yang dapat mentoleransi kebutuhan konsumen. Intinya Mazda kemudian justru mendikte desain kendaraan sesuai gaya hidup konsumen.

Mazda CX-3 tentunya memiliki tampilan yang relatif sama dengan saudara-saudara kandungnya yakni mengadopsi bahasa desain Kodo Soul of Motion. Pemikat pandangan mata sendiri secara umum jatuh pada kombinasi desain grille dan headlamp hingga tarikan garis bodinya. Mazda CX-3 tampak agresif namun memiliki siluet elegan jika mencermatinya lebih lanjut.

Dari sisi dimensi, Mazda CX-3 memiliki panjang tidak jauh berbeda dengan Mazda2 SkyActiv yakni 2.275 mm dan lebih tinggi tak lebih dari 5 cm.

Kesan crossover dihadirkan melalui body moulding dan over fender hitam doff. Jika bersanding dengan Mazda CX-5 hanya tampak lebih imut-imut. Tidak salah jika Anda menyebutnya sebagai hasil kawin silang antara SUV Mazda CX-5 dengan hatchback Mazda2 SkyActive.

Bagian yang cukup unik adalah bentuk pilar C yang menukik tajam. Ini seakan meng-counter bonnet yang panjang. Dan disusul dengan desain buritan sporty yang mampu memuaskan pandangan mata.

Dari titik ini, Mobil123.com membayangkan dan mereka-reka pastinya CX-3 akan menarik untuk dikendarai dalam berbagai kondisi pengendaraan. Terlebih ditunjang beberapa teknologi terkini khas Mazda.

Simak bagaimana interior, performa serta fitur kelengkapan Mazda CX-3 yang dapat Mobil123.com simpulkan dalam artikel selanjutnya. [Ari/Ikh]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual