Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Test Drive Singkat Kia Carens Varian 1.5MPI Premiere

Review

Test Drive Singkat Kia Carens Varian 1.5MPI Premiere

TANGERANG – Kia Indonesia mengundang Mobil123.com untuk menjajal produk MPV terbarunya, Kia Carens. Mobil ini memiliki kesan gagah untuk sebuah MPV kompak.

Kia Carens pertama kali diperkenalkan ke publik pada Jakarta Auto Week (JAW) Maret lalu, kemudian resmi diluncurkan dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 Agustus lalu di Tangerang.

Ada dua varian Carens yang dipasarkan di Tanah Air, yaitu Carens 1.4T - Premiere (6 seats) dan Carens 1.5MPI - Premiere (7 seats). Masing-masing dibanderol Rp449 juta dan Rp389 juta on the road Jakarta.

Mobil123.com bersama rekan media lainnya diundang PT Kreta Indo Artha (KIA) selaku agen pemegang merek (APM) Kia untuk merasakan langsung sensasi mengendarai MPV terbarunya pada acara “Kia Carens – Media Drive 2022” di Serpong, Tangerang, Banten, Rabu (12/10/2022).

Pada test drive kali ini, unit yang disediakan adalah Carens 1.5MPI - Premiere. Kami diberi kesempatan untuk mencicipinya kurang lebih selama satu jam berkeliling kawasan BSD City.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai performa, dan handling pada Kia Carens 1.5MPI - Premiere, tidak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dahulu eksterior dan interiornya.

Eksterior

Kia Carens memiliki panjang 4.540 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.700 mm.

Bicara tentang desain, Kia Carens memiliki kesan SUV look yang gagah. Beberapa hal yang membuat kesan ini ada pada over fender berwarna hitam kontras dengan bodi, serta roof rail.

Fascianya berdesain Signature Tiger Face khas Kia dan terlihat galak, dipadu dengan lampu Daytime Running Light (DRL) yang menyipit dan Crown Jewel LED Head Lamp di bawahnya.

Lalu di bagian belakang bernuansa modern dengan desain Star Map LED Tail Lamp yang menonjol, dan juga bumper garnish berwarna krom.

Peleknya berdesain Dual Tone Crystal Cut Alloy beukuran 16 inci. 

Interior

Kabin Kia Carens bernuansa mewah seperti mobil-mobil premium.

Bagian dasbor Kia Carens dibuat berwarna piano black mengkilap dengan motif gradasi abu-abu yang memberikan kesan elegan. Lalu tepat di tengah dasbor terpasang head unit layar sentu 8 inci, lengkap dengan konektivitas nirkabel untuk Apple CarPlay dan Android Auto.

Sistem hiburan tersebut didukung dengan audio premium Bose 8 speaker yang tersebar di beberapa titik di kabin.

Seluruh jok mobil dilapisi material kulit artifisial, khusus jok baris depan terdapat tambahan fitur ventilated seat untuk memberikan kenyamanan lebih bagi pengemudi maupun penumpang.

Di jok pengemudi terdapat pengaturan posisi duduk manual 6 arah, dan tepat di depan ada setir dengan pengaturan teleskopik dan tilt, sehingga pengemudi bisa leluasa mengatur posisi berkendara yang ideal.

Di belakang lingkar kemudi terpasang meter cluster full LED berukuran 12,5 inci, dan di tengahnya terdapat layar TFT 4,3 inci yang memudahkan pengemudi melihat segala informasi tentang kendaraan, seperti kecepatan, bensin, tekanan ban, pintu yang terbuka, dan lainnya.

Dari baris depan hingga belakang terdapat total enam port charger ponsel dan satu wireless charging. Di sisi depan, tepatnya bawah dasbor tersedia port USB dan Type-C. kemudian untuk baris kedua juga ada dua port Type-C di konsol tengah, dan dua lagi port Type-C di masing-masing sisi pada kursi belakang.

Pada Kia Carens varian 1.5MPI - Premiere jok baris keduanya model bench 3-seater dengan konfigurasi 60:40. Sandaran pada jok bagian tengah bisa dilipat dan menjadi handrest untuk penumpang, plus tersedia cup holder juga.

Saat test drive, cuaca tidak terlalu terik, sehingga sempat mencoba membuka sunroof yang ada di langit-langit mobil dan memberikan nuansa lebih terang dalam kabin. Ditambah lagi, pada jendela Carens disematkan blinder atau gorden untuk menutup jendela dari dalam, sehingga bisa menghalau sinar matahari yang datang dari luar atau menambah privasi di dalam kabin.

Satu yang menangkap perhatian adalah AC blower pada baris kedua dan ketiga yang tersemat di langit-langit mobil. Jika blower tengah menyala dan kondisinya sedang tertutup, terdengar suara bising yang sedikit mengganggu. Jadi disarankan untuk tidak menutup lubang tersebut.

Mesin dan Performa

Kia Carens varian 1.5MPI - Premiere dibekali mesin berkapasitas 1.497 cc, Smartstream, Gamma II DOHC, Dual VVT. Di atas kertas, mesin ini dapat menghasilkan tenaga hingga 113 hp pada 6.300 rpm, dan torsi maksimum 144 Nm pada putaran 4.500 rpm. Mesin tersebut dikombinasikan dengan sistem transmisi Intelligent Variable Transmission (IVT).

Ketika pedal gas diinjak Carens varian satu ini cukup responsif. Ditambah lagi redaman suspensinya sangat enak, terlebih saat melewati jalan bergelombang atau polisi tidur.

Pada Kia Carens juga tersedia tiga mode berkendara, yaitu Sport, Normal, dan Eco. Tetapi, saat dicoba ketiganya tidak terlalu terasa perbedaan dari performanya. Mungkin saja akan lebih terasa jika dibawa dalam perjalanan jauh, misalnya melewati jalan tol.

Sementara itu, radius putar mobil ini terasa jauh. Untuk memutar balik seperti harus mengambil jarak jauh atau melempar setir ke kiri lebih dulu sebelum membalasnya ke kanan.

Pada lingkar setir mobil terdapat fitur cruise control, fungsinya untuk membuat kecepatan mobil lebih konstan, khususnya di jalan tol. Sayangnya, fitur ini tidak sempat digunakan karena kesempatanya di jalan sangat sedikit.

Kesimpulan Test Drive Kia Carens

Melihat desainnya, Kia Carens memang memiliki kesan gagah seperti mobil jenis SUV. Interior serta fitur-fitur di dalam mobil ini juga berkesan premium. Tetapi, dari segi performa, Kia Carens tetap berupa MPV.

Beberapa kelebihan dan kekurangan dari Kia Carens menunjukkan kalau mobil ini memang berfokus pada kenyamanan penumpang dalam berkendara. Mobil ini memiliki suspensi yang sangat enak ketika melintasi jalanan bergelombang.

Sementara itu, untuk radius putarnya terasa lebih jauh. Bisa dikatakan mobil ini sulit untuk diajak selap-selip kendaraan lain di jalan.

Sebenarnya masih ada beberapa hal yang tidak bisa dirasakan dalam test drive ini. Beberapa di antaranya berupa fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS) seperti Electronic Stability Control (ESC), Downhil Brake Control (DBC), Hill-start Assist Control (HAC), dan lainnya. Ini dikarenakan kebanyakan fitur ADAS tersebut memerlukan kerja rem secara mendadak.

Meski begitu, secara overall Kia Carens merupakan mobil yang berfokus pada pengalaman berkendara yang sangat nyaman. [ABP/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang