Test Drive Honda Civic Turbo

Review

Test Drive Honda Civic Turbo

BANDUNG - Kami telah merasakan hentakan mesin turbo yang tersimpan pada all-new Honda Civic selama dua hari dari Jakarta-Bandung-Jakarta. Turbo bersemayam pada mesin 1.5-liter cukup untuk membuat saya tersenyum saat mengaspal di sirkuit Sentul.

 

Lalu bagaimana rasa berkendara all-new Honda Civic Turbo secara keseluruhan?

Artikel bersambung dibawah

Generasi ke-10 Honda Civic terkesan pamer dalam hal desain dan teknologi. Bagaimana tidak, coba perhatian desain eksteriornya yang jelas-jelas berbeda dari sedan-sedan sekelas.

Desain eksterior akan fenomenal
All-new Honda Civic Turbo menampil keseluruhan eksterior berubah drastis dari model sebelumnya. Rasanya saya tidak melihat sedan medium asal Jepang.

Desainnya memang benar-benar baru, dengan tampang yang bisa dibilang sangat agresif dan futuristik berkat penggunaan Full LED headlight yang dilengkapi dengan LED Daytime Running Light (DRL).  Bagian depan menyodorkan konsep Solid Wing Face yang kental.

Uniknya, di bagian belakang mobil ini juga tampak lebih agresif karena desain bagasi belakang menawarkan desain coupe.

Interior lebih futuristik
Mobil123 duduk lebih dahulu sebagai pengemudi di hari pertama saat perjalanan menuju Bandung, Jawa Barat. Kursi untuk pengemudi menawarkan maju-mundur secara electric, sayangnya tidak untuk penumpang depan.

Masuk ke dalam kabinnya, desain dashboard-nya cukup mewah dan memiliki fungsionalitas yang tinggi seperti tombol pada kemudi untuk cruise control dan audio. Dashboard dilengkapi head unit touch-screen berukuran 7" dengan perlengkapan fitur CD, USB, dan Bluetooth.

Interior mobil masih mengandalkan plastik, tapi plastik di dashboard all-new Honda Civic Turbo bukan plastik murahan.

Berkendara all-new Honda Civic Turbo
Menyalakan 1.5-liter VTEC turbo cukup menekan tombol di sebelah kanan pengemudi. Tapi jika ingin merasakan kabin penumpang lebih dingin bisa memanfaatkan fitur Remote Engine Start. Teknologi ini memungkinkan pemilik mobil menyalakan mesin dan AC dari luar mobil. Fitur ini sangat berguna ketika mobil parkir di bawah terik matahari.

Sedan ini memberikan pandangan luas ke depan, sementara pilar A tidak menghalangi saya ketika memantau daerah depan sebelah kanan dan kiri.

Tidak kalah menarik ada sebuah layar TFT LCD di bagian tengah panel instrumen. Layar TFT LCD ini menampilkan tachometer, kecepatan mobil, dan juga sebagai On Board Computer yang menampilkan informasi tentang mobil.

Tes hari pertama adalah akselerasi, untuk mengetahui seberapa kencang sedan ini. Dalam ujicoba kami, mesin 1.5-liter VTEC Turbo tenaga 173 Ps pada 5500 rpm dan torsi 220 Nm mulai 1700 – 5500 rpm. Artinya mesin ini setara mesin 1.8-liter atau 2.0-liter (klaim).

Saat bergerak di lintasan sepanjang 402 meter, saya sanggup menorehkan catatan waktu 16,016 detik. Sementara Alvin Bahar, pembalap nasional 15,750 detik. Turbo-nya bekerja memanfaatkan energi gas buang untuk untuk memandatkan udara masuk ke dalam silinder, sehingga pembakar dalam mesin akan lebih sempurna dan dengan pembakaran sempurna maka otomatis tenaga yang dihasilkan akan lebih besar.

Perjalanan ke Kota Kembang semakin terasa nikmat dengan mesin baru dan dilengkapi transmisi CVT, jadi tidak terasa perpindahan gigi. Saat 'dibejek' habis di jalan tol, mesin turbo sangat halus dan responsif. Saya sempat berakselerasi hingga 140 kpj.

Mobil ini masih terasa nyaman di kecepatan tinggi namun peredaman kabinnya sepertinya harus ditingkatkan. Suara dari luar masih menggangu telinga saya bersama dua jurnalis otomotif lain.

Suspensi cukup empuk
Saat tes handling di tikungan S kecil di Sirkuit Sentul, saya merasa suspensi mobil ini menggabungan antara kenyamanan dan handling. Suspensinya tidak keras, dan tidak ada gejala limbung saat berbelok di kecepatan agak tinggi. Tapi untuk diingat, ini bukan mobil sport. Jadi jangan coba-coba melakukan aksi lebih berani dengan sedan ini.

Kesimpulan
Saya mengendarai all-new Honda Civic Turbo sekitar 5 jam dan merasa cukup puas. Saya melintasi jalan berkerikil, mulus dan berpasir. Fitur-fitur di dalam mobil juga fungsional.

Honda mampu menawarkan sedan medium dengan harga Rp 475 juta yang memuaskan. Sejauh ini all-new Honda Civic Turbo bisa menjadi idola kami ketika mobil terlaris dunia, Toyota Corolla sudah menua. Beberapa keunggulan sedan ini adalah fitur menyalakan mesin dari remote, dan tersimpan enam buah airbag. [Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter
 

 



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support