Test Drive Grand New Xenia 1.5 Deluxe (Part 2)

Review

Test Drive Grand New Xenia 1.5 Deluxe (Part 2)

SIBOLGA - Hal baru yang teraplikasi pada Grand new Xenia membuatnya lebih nyaman dikendarai diberbagai kondisi jalan. 

Masih bicara mengenai impresi kami terhadap low MPV dari PT Astra Daihatsu Motor (ADM) saat mengujinya di Sibolga, Sumatera Utara. Penilaian beralih ke sektor handling di mana pihak pabrikan menyebut turut melakukan pengembangan pada sektor ini.

Pada media test drive kali itu, semua unit Grand new Xenia varian tertinggi (Xenia 1.5) diajak mengarungi trek cukup menantang.Seperti juga sudah disebut sebelumnya pada test drive part 1, rute yang dilalui sarat dengan tikungan tajam serta pendek. Ditambah lagi ruas jalan dua arah yang tidak cukup lebar. 

Hal ini membuat pengemudi dituntut berkonsentrasi penuh. Bagusnya, Grand new Xenia begitu mudah dikendalikan. Boleh jadi ini adalah jawaban dari pengembangan pada area electronic power steering (EPS) yang dilakukan PT ADM.

Sebagai informasi, unit yang kami kendarai adalah Grand new Xenia 1.5 bertransmisi manual. Pengendalian pun terasa maksimal ditunjang oleh koplingnya yang enteng. Pengemudi tak perlu effort lebih saat melakukan perpindahan gigi.

Selain itu, Grand new Xenia 1.5 juga sudah dibekali mesin mumpuni 2 NR-VE DOHC Dual VVT-i. Sumber tenaga dari mobil keluarga ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 103 hp dan torsi mencapai 136 Nm. 

Tapi, bagian tak kalah penting juga terletak pada pengaturan rasio gigi transmisinya ( 1st: 3.679, 2nd: 2.045, 3rd: 1.376, 4th: 1.000, 5th: 0.838 dan R: 4.128). Wajar jika penggunaan gigi 2 dan 3 saja sudah cukup untuk membawa Grand new Xenia ini mantap melahap tanjakan dengan tikungan sembari mengekori rombongan.

Bicara soal handling tak lengkap tanpa mengulas suspensi. Bagian ini diklaim juga sudah diperkuat agar Xenia lebih mantap dan stabil ketika bermanuver. Sah saja PT ADM mengklaim demikian, sayangnya pengujian untuk merasakan kebaruan itu tak maksimal lantaran jumlah penghuni unit kami berjumlah 5 orang. Mungkin, perbedaan bakal terasa jika orang di dalamnya kurang dari itu. [Ary/Ari]



Ary Dwinoviansyah

Ary Dwinoviansyah

Ary mulai bekerja sebagai seorang jurnalis otomotif sejak tahun 2008 dan sangat mencintai sepedamotor. Nonton MotoGP merupakan salah satu hobi untuk menghabiskan akhir pekannya. Dia juga memimpikan memiliki mobil Transformers.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support