Test Drive Datsun CROSS, Siap Libas Ragam Kondisi Jalan

Berita Otomotif

Test Drive Datsun CROSS, Siap Libas Ragam Kondisi Jalan

JAKARTA – Datsun CROSS menggelar world premiere di Indonesia pada Januari 2018 dan diharapkan bisa menjadi pilihan baru bagi segmen compact crossover di Indonesia.

Datsun CROSS sebagai model terbaru tentunya datang dengan serangkaian update dibanding model Datsun yang sudah beredar sebelumnya. Beragam keunggulan baik dari eksterior, interior mesin hingga transmisi telah disematkan guna menjawab kebutuhan konsumen Tanah Air.

Lantas apa saja keunggulannya? Simak ulasan berikut ini. 

Ekterior
Eksterior Datsun Cross

Bila dilihat dari tampilan khususnya dari depan, boleh dibilang Datsun CROSS tampil cukup atraktif, sporty dan tegas. Penggunaan lampu projector yang didesain menarik, yang berpadu dengan LED signature lamp, plus foglamp di posisi agak ke atas serta underguard beraksen silver terlihat mampu memberikan nuansa modern. 

Bergerak ke samping, sejumlah tambahan aksesoris seperti side skirt dan side moulding ditambah dengan desain roda berukuran 15 inchi berhasil menjadikan mobil terasa lebih menarik. Roof rail yang dipasangkan juga membuat mobil ini terasa lebih hidup.

Pada bagian belakang kesan serupa juga muncul berkat sejumlah aksesoris tambahan. Di antaranya adalah rear spoiler dan underguard silver yang tentunya memperkuat penampilan Datsun CROSS secara keseluruhan.

Interior
Interior Datsun Cross

Nuansa yang terdapat pada eksterior secara umum tembus langsung saat masuk di dalam kabin. Hal ini berkat desain dashboard yang menarik dan ergonomis plus paduan aksen warna silver juga lapisan karbon pada beberapa bagian.

Warna hitam tampak mendominasi hampir setiap jengkal interior, ini termasuk pelapis jok menggunakan bahan fabric berwana hitam. Penggunaan warna hitam selain membuat tampilan menjadi elegan dan lapang, serta tentunya memberi keuntungan dalam hal perawatan, apalagi jika pemiliknya kerap menggunakan Datsun CROSS pada outdoor activity.

Satu hal yang juga menarik untuk dicermati adalah kapasitas kabin Datsun CROSS terbilang cukup  lega. Secara ergonomika dan fungsi ruang dalam kabin dapat diatur sesuai kebutuhan para penggunanya.

Mesin dan fitur keselamatan
Mesin Datsun Cross

Datsun CROSS menggunakan mesin berkapasitas 1,200cc mampu menghasilkan tenaga sebesar 78 hp dan menghasilkan torsi 104 Nm. Sebagai penyalur keluaran tenaga, Datsun Indonesia memberikan pilihan sistem transmisi otomatis Xtronic CVT, serta manual 5 percepatan.

Guna meningkatkan keselamatan berkendara, Datsun pun menyematkan sejumlah fitur keselamatan yang membuat pengemudi dan penumpang di dalam menjadi lebih percaya diri. Fitur tersebut adalah Dual airbags, Vehicle Dynamic Control (kontrol stabilitas), Antilock Brake System (ABS) dan Electronic Braking Distribution (EBD), serta banyak lagi fitur keselamatan dan keamanan yang lazimnya ditemukan pada mobil dengan harga minimal Rp 300 jutaan.

Perfoma
Performa Datsun Cross

Saat masuk dan duduk di kursi pengemudi, sandaran kursi terasa cukup memeluk punggung. Posisi mengemudi terbaik mudah didapat karena kursi dapat diatur maju mundur dengan cukup mudah. Pilar A yang biasanya menjadi salah satu penyebab berkurangnya jarak pandang pun terbilang tidak mengganggu pengelihatan.

Pada kesempatan pertama, respon perpindahan gigi karena sentuhan lebih dalam pada pedal gas Datsun CROSS terbilang lembut. Dan kecepatan selanjutnya dapat dibangun seusai dengan kebutuhan pengendaraan.

Karakter ini tentunya cocok sasat digunakan pada jalan-jalan perkotaan yang padat. Datsun CROSS dapat melaju dengan baik dalam beberapa kesempatan, kombinasi body yang kompak serta respon mesin dan transmisi membuat Datsun CROSS menyenangkan untuk digunakan di dalam kota. 

Masuk ke jalan bebas hambatan, lagi-lagi pengemudi dapat menyesuaikan atau mengatur dengan mudah kecepatan yang dibutuhkan. Saat jalan lowong, Anda dapat menekan pedal gas lebih dalam dan kecepatan mobil pun meningkat halus tanpa ada jeda, pada beberapa kesempatan tak terasa kecepatan telah mencapai 140 km/jam.

Fitur Vehicle Dynamic Control (VDC) selanjutnya mendukung sebagai penyeimbang performance. Pengemudi akan merasakan manfaat fitur ini saat melakukan manuver, terutama saat menjaga  posisi mobil waktu melewati jalan menikung dengan kecepatan cukup tinggi atau mungkin saat melakukan pindah jalur. 

Pada kesempatan lainnya, berbekal ground clearence 200 mm, Datsun CROSS memiliki kemampuan yang cukup saat menerabas jalan non aspal atau rusak. Pada titik ini, pengemudi tidak perlu terlalu khawatir mobil akan mentok pada permukaan jalan yang tidak rata atau mungkin saat melewati gundukan kecil.

Pada dua kondisi jalan di atas, kemampuan Datsun CROSS dalam menghadapi jalan-jalan menanjak juga patut mendapat apresiasi. Pada beberapa kesempatan, jalan menanjak cukup terjal dapat di lalui dengan baik, cukup dengan menekan tombol Sport pada tuas transmisi, ataupun dengan memindahkan tuas transmisi ke posisi L dan selanjutnya mengimbangi bukaan gas. 

Harga
Harga Datsun Cross

Dengan ragam pembaharuan yang dimilikinya, Datsun CROSS ditawarkan dengan harga mulai Rp 161,49 juta untuk varian bertransmisi manual dan Rp 173,99 juta untuk varian bertransmisi otomatis XTronic CVT (on-the-road Jakarta). ##



Redaksi Mobil123

Redaksi Mobil123

Kami siap menyajikan informasi terbaru dari dunia otomotif baik itu dari sisi industri, teknologi hingga komparasi mobil terbaru. Terus ikuti kami melalui media sosial Facebook (facebook.com/mobil123), Twitter (@mobil123ID) dan Instagram (@mobil123id)


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual