Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Test Drive Daihatsu Sirion Facelift: Kenalkan Banyak Fitur Baru di Segmennya!

Review

Test Drive Daihatsu Sirion Facelift: Kenalkan Banyak Fitur Baru di Segmennya!

TOMOHON/MANADO – Daftar fitur Daihatsu Sirion facelift, yang masih relatif mewah untuk sebuah city car di Indonesia, meningkatkan kenyamanan dan kesenangan berkendara selama test drive. Bahkan, ada fitur-fitur yang baru pertama kali hadir di segmennya.

Mobil123.com merupakan salah satu media yang berkesempatan menjajal Sirion facelift pada 21-23 Juni 2022 dengan rute Tomohon-Manado, Sulawesi Utara. Model yang diimpor utuh dari Malaysia ini sendiri mengaspal di Indonesia pada awal bulan tersebut.

Sederet fitur anyar Sirion facelift adalah poin yang ingin Mobil123.com jajal sepanjang perjalanan. Pasalnya, daftar fitur pesaing Honda Brio serta Suzuki Ignis ini memang mentereng untuk sebuah city car.

Ubahan desain Sirion facelift sendiri tak bisa dikatakan jomplang jika dibandingkan dengan model versi terdahulu. Diferensiasi di sisi eksterior hanya terdapat pada desain bumper depan, bumper belakang, lampu yang lebih ‘tajam’, hingga kaca spion berkelir hitam.

Sementara itu, di dalam kabin, ubahan tampilan cuma terdapat pada desain meter cluster dengan Multi Information Display (MID) 4,2 Inci.

Lantas, bagaimana rasanya mengendarai mobil mungil tersebut? Berikut ini ulasan fitur, performa, plus efisiensi bahan bakar Sirion facelift dari test drive tiga hari di Sulawesi Utara.

Terobosan Fitur Daihatsu Sirion Facelift

‘Suguhan’ utama Sirion facelift untuk para konsumennya terdapat dari sisi fitur. Salah satunya, yang paling pertama Mobil123.com 'cicipi' dalam test drive, adalah Head Unit Touch Screen yang bisa dikoneksikan dengan gawai pintar (smartphone) melalui Bluetooth, Android Auto, maupun Apple CarPlay.

Semua itu membuat Head Unit baru Sirion facelift mampu memainkan musik dari Spotify sepanjang perjalanan sembari memperlihatkan rute perjalanan dari aplikasi Google Maps.

Daihatsu masih menambahkannya lagi dengan Voice Command Button. Pencarian lagu atau pun rute bisa dilakukan lewat tombol plus perintah suara.

Lalu, ada pula Idle Stop System yang menonaktifkan mesin dalam kondisi lalu lintas macet, kemudian menyalakannya lagi secara otomatis saat kaki diangkat dari pedal rem.

Kadang, fitur ini terus mematikan mesin ketika mobil berhenti, kadang hanya beberapa saat, tapi kadang tidak mati sama sekali.

Menurut Executive Coordinator Technical Service Division PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi, kinerjanya tergantung dari beragam faktor seperti suhu kabin atau pun kondisi aki.

Fitur baru lainnya, Hill Start Assist, amat membantu melewati tanjakan-tanjakan yang cukup ekstrem di Tomohon dengan santai. Mobil tak langsung merosot turun saat pedal rem diangkat karena Sirion facelift akan tertahan dengan sendirinya selama beberapa detik.

Daihatsu masih menambahkan lagi Sirion facelift dengan Auto Head Lamp yang menyala otomatis ketika suasana jalan gelap. Seakan belum cukup, di dalam kabin sekarang terdapat Air Purifier.

“Kalau indikator berwarna hijau, kondisi kualitas udaranya baik. Warna merah mengindikasikan kualitas udara kabin kurang bagus dan sistem akan mengeluarkan ionizernya untuk membersihkan udara,” jelas Executive Coordinator Product I Department ADM Dendy Triyanto.

Fitur anyar lain yang lebih ‘umum’ pada Sirion facelift adalah Speed Sensing Doorlock, Auto Retractable Outer Mirror. Adapun fitur-fitur terdahulu semisal Smart Key, Engine Start/Stop Button, Digital AC, maupun Airbag depan plus samping masih eksis.

Performa dan Efisiensi Bahan Bakar Daihatsu Sirion Facelift

Performa dan efisiensi bahan bakar Sirion facelift sangat dipengaruhi oleh transmisi D-CVT (Dual Mode Continuously Variable Timing). Akselerasinya, dibandingkan dengan model terdahulu yang bertransmisi otomatis biasa, menjadi sangat halus dan tak terasa memiliki jeda.

Meski terasa tak terlalu responsif di jalan mendatar, Sirion facelift masih ‘lulus ujian’ melewati tanjakan-tanjakan curam di Tomohon, baik di posisi ‘S’ atau pun ‘D’. Padahal, mobil ini hanya bermesin 1.3-liter.

Sistem D-CVT sendiri diklaim menyajikan efisiensi bahan bakar lebih. Kata Bambang, ini berkat keberadaan split gear untuk mendampingi transmisi CVT.

“Selain mekanisme CVT, ada mekanisme lagi yaitu split gear atau planetary gear yang membuat lebih efisien di atas putaran tinggi. Bekerjanya kira-kira di atas 60 km per jam. Ketika itu, tidak pake belt lagi tapi pakai gear mekanisme penggeraknya (untuk) transfer tenaga dari mesin ke drive trainnya,” papar Bambang.

Berdasarkan petunjuk dari MID, Mobil123.com menjelajah jarak lebih dari 137 km sepanjang test drive Daihatsu Sirion. Adapun konsumsi bahan bakar minyaknya, dengan rute mayoritas perbukitan, mencapai 9,4 km per liter.

Kesimpulan Test Drive Daihatsu Sirion Facelift

Sirion facelift memberikan tawaran menarik dari sisi fitur. Pasalnya, belum ada city car lain di Indonesia yang punya Idle Stop System, Hill Start Assist, Head Unit dengan Android Auto dan Apple CarPlay, Auto Headlamp, sampai Air Purifier.

Dari perspektif ini, Sirion facelift dapat dikatakan sebagai pioner fitur-fitur modern serta canggih di segmen city car.

Meski begitu, performa Sirion facelift agaknya kurang cocok bagi mereka yang memiliki karakter mengemudi agresif. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang