Test Drive Daihatsu Sigra Facelit: Jajal Beragam Medan di Lembang

Berita Otomotif

Test Drive Daihatsu Sigra Facelit: Jajal Beragam Medan di Lembang

BANDUNG – Lembang menjadi salah satu kawasan wisata favorit di kota Bandung. Rute Bandung menuju Lembang inilah yang dipilih oleh Daihatsu untuk menggelar sesi media test drive mobil terbarunya, New Sigra facelift.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengajak rekan-rekan media nasional termasuk Mobil123.com untuk menjajal langsung performa dari Daihatsu Sigra facelift. Waktu selama dua hari diberikan untuk merasakan pengalaman berada di balik kemudi LCGC (Low Cost Green Car) anyar dari Daihatsu ini.

Memulai start dari Stasiun Bandung, rombongan test drive mampir sejenak ke restoran Alas Daun untuk menikmati santap siang berupa makanan khas Sunda. Setelah perut terisi penuh, perjalanan dilanjutkan menuju Orchid Forest, Cikole.

Tim mobil123.com menggunakan unit test drive Daihatsu Sigra facelift dengan transmisi matic. Niat hati ingin menjajal mobil sembari menikmati pemandangan Lembang yang asri, kami justru dihadapkan pada medan jalan menanjak, berliku, hingga turunan curam. Jelas, ini menjadi ujian sesungguhnya buat mobil keluarga satu ini.

Sempat sangsi apakah Sigra facelift bisa melalui medan semacam ini. Nyatanya mesin 3NR-VE, DOHC Dual VVT-i ini sanggup meraung membawa mobil yang diisi 4 orang dewasa ini melibas jalan yang cukup meningkatkan adrenalin.

Medan menanjak ini membuat kami fokus pada transmisi gear 2-3. Tujuannya supaya mobil mendapat torsi maksimal saat melibas jalan menanjak. Dapur pacu mobil sempat terasa kehilangan tenaga, namun disiasati dengan mengambil ancang-ancang yang pas dan kick down penuh sebelum menanjak.

Oh iya, satu lagi tantangan di test drive kali ini adalah jalanan yang sempit. Untungnya ada fitur electric power steering yang cukup membantu kala bermanuver. Kehadiran fitur baru electric & Retractable Outer Mirror juga sangat berguna saat menghadapi situasi jalan semacam ini. Saya tidak perlu repot melipat spion secara manual saat berpapasan dengan mobil dari arah lain.

Tiba di Orchid Forest, kami rehat sejenak untuk menikmati sejuk dan segarnya udara di Lembang. Setelah puas, kami melanjutkan perjalanan menuruni Lembang. Jalan turun ini relatif sudah santai dan kami bisa menikmati pemandangan yang terhampar di sepanjang jalan.

Saya berpindah ke kursi penumpang belakang. Leg room-nya ternyata cukup luas dan nyaman untuk penumpang. Pada baris kedua ini Daihatsu juga sudah menanamkan power outlet, sehingga penumpang bisa dengan mudah mengisi daya ponselnya.

Sembari menikmati perjalanan, kami ditemani dengan lantunan musik yang keluar dari 2DIN Touchscreen Audio. Sistem infotainment layar sentuh ini merupakan salah satu fitur baru yang ditanamkan oleh Daihatsu di Sigra facelift.

Sering kali jalan yang kami lalui meurpakan jalan berbatu dengan aspal tidak merata. Suspensinya bekerja dengan baik dan terasa cukup empuk untuk pengemudi maupun penumpang.

Jika sanggup melaju di medan semacam ini, sepertinya jalanan perkotaan yang merupakan habitat asli New Sigra facelift tidak akan menjadi masalah berarti. [Hlm/Ari]



Helmi

Helmi

Debut resmi di Mobil123 pada kuartal ketiga 2019. Ketahui, pelajari, mengerti, kemudian berbagi, menjadi mottonya dalam menyajikan beragam informasi. Saya antusias dengan dunia otomotif.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support