Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Test Drive All-new Toyota Rush 2018, Eksplorasi Performa dan Stabilitas

Review

Test Drive All-new Toyota Rush 2018, Eksplorasi Performa dan Stabilitas

MALANG - All-new Toyota Rush 2018 dilengkapi mesin yang sama dengan Toyota Avanza, lalu bagaimana performanya? Apakah benar jika disebut SUV rasa Avanza?

Pada media drive all-new Toyota Rush 2018 (9-10 Januari 2018), Mobil123.com berkesempatan untuk menguji versi transmisi manual dan otomatis dari tipe atau varian tertinggi yakni TRD Sportivo. Namun sebelum perjalanan, mari kita simak dahulu apa saja yang dimiliki Low SUV terbaru Toyota ini.

Seperti kita ketahui, Rush dan Avanza memang memiliki rancang bangun sama karena dibangun di atas platform yang sama. Hal ini juga tembus ke sektor sistem penggerak, all-new Toyota Rush 2018 dan Toyota Avanza 2017 sama-sama dilengkapi mesin 2NR-FE plus transmisi manual 5 kecepatan serta otomatis 4 kecepatan. 

Mesin sendiri memiliki kapasitas 1.5-liter dengan tenaga 104 hp pada 6.000 rpm dan torsi 136 Nm di putaran 4.200 rpm. Sebagai penyeimbang performa, all-new Toyota Rush 2018 juga dilengkapi beberapa fitur penting. Mulai dari stabilizer ganda, Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA) dan sistem rem ABS.

Transmisi Manual dan Otomatis


Mobil123.com mendapat kesempatan pertama menggunakan all-new Toyota Rush 2018 TRD Sportivo dengan transmisi manual. Pada kesempatan pertama, tidak ada kendala berarti saat pertama kali mengoperasikannya.

Kendala praktis hanya karena memiliki setting pedal kopling tinggi. Anda harus benar-benar menyesuiakan saat menggangkat pedal kopling dengan tekanan pedal gas, setelah menemukan feelingnya, deru mesin berlebihan tidak terjadi.

Secara umum, Mobil123.com bak deja vu, persis seperti mengendarai Toyota Avanza. Dengan kode mesin sama, praktis karakternya sama, bermain di putaran tinggi dan cukup menyenangkan untuk diajak berakselerasi pendek di padatnya lalu lintas atau di jalan-jalan bebas hambatan. 

Kesempatan selanjutnya, Mobil123.com mengendarai all-new Toyota Rush 2018 dengan transmisi otomatis. Lagi-lagi, karena menggunakan barang yang sama, karakter Avanza lagi-lagi keluar.

Mesin menderu seketika ketika pedal gak diinjak maksimal, namun demikian tidak serta merta membuat mobil melesat. Mobil baru terasa melaju cepat saat masuk putaran-putaran atas dan selanjutnya.

Ada baiknya Anda injak pedal gas lebih bijak, mensingkronkan putaran mesin dan kerja transmisi. Hasil terbukti lebih baik dalam berakselerasi. Jika Anda butuh melakukan manuver cepat seperti melewati kendaraan di depan, usahakan untuk menjaga putaran mesin. Jika feeling ini sudah Anda dapatkan, all-new Toyota Rush 2017 bakal lebih nyamanan dan aman untuk melakukan over taking kendaraan di depan.  

Stabilitas dan Konsumsi BBM Rata-Rata


Beragam kondisi jalan dilalui saat media drive all-new Toyota Rush 2018. Secara umum stabilitas SUV rasa MPV ini tergolong baik.

Pada jalan-jalan dalam dan luar kota, beberapa kali Mobil123.com melakukan manuver seperti overtaking mobil di depan. All-new Toyota Rush 2018 tergolong dapat mudah dikendalikan.

Sementara pada saat masuk ke jalan bebas hambatan menuju kota Surabaya dari Malang, Mobil123.com sempat melakukan manuver masuk ke tikungan panjang dengan kecepatan 80 km/jam. Hasilnya, gejala oversteer sesuai dengan ciri kendaraan berpenggerak roda belakang terjadi namun masih dalam batas toleransi.

Baca juga : Test Drive All-new Toyota Rush 2018, Mengeksplorasi Ruang Interior

Begitu juga efek negatif limbung atau body roll terutama saat beberapa kali pindah jalur secara cepat. All-new Toyota Rush 2018 cukup mudah dikendalikan.

Para engineer PT Toyota Astra Motor (TAM) sepertinya cukup berhasil mendapatkan toleransi setting suspensi dengan karakter medium. Intinya agar kenyamanan dan stabilitas tetap terjaga saat berkendara. 

Pada kesempatan ini, dengan situasi memungkinkan, Mobil123.com dapat memacu mobil hingga 180 km/jam.

Catatan Mobil123.com


Selama pengujian, Mobil123.com memiliki beberapa catatan lain. Pertama meski TAM sudah mengaku memperkuat sistem insulasi atau kesenyapan kabin, namun dalam beberapa kesempatan masih terdengar cukup menggangu suara-suara yang berasal dari mesin dan gardan juga roda.  

Kedua, selama perjalanan dengan cara mengemudi yang disesuaikan kondisi jalan, memacu all-new Toyota Rush dengan kecepatan tinggi kemudian terkena macet dan lainnya, dalam MID tercatat konsumsi BBM mencapai 10 km per liter. Toyota sendiri mengklaim, mereka memiliki catatan konsumsi BBM melalui mesin dyno mencapai 14 km per liter. 

Namun intinya, besarnya konsumsi BBM terkait dengan kondisi jalan dan cara Anda mengemudi. Salah duanya, jika dapat menjaga pada kecepatan pada economis speed 60-80 km/jam atau menjaga perpindahan gear di bawah torsi maksimal, niscaya konsumsi BBM akan lebih irit. 

Catatan terakhir, memiliki rancang bangun dan sistem penggerak sama dengan Avanza, Mobil123.com menyimpulkan bahwa all-new Toyota Rush 2018 cenderung memiliki karakter yang tidak jauh berbeda dengan saudara tuanya itu. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Editor

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang