Test Drive All-new Suzuki Ertiga, Poin Plus Pada Sisi Stabilitas

Berita Otomotif

Test Drive All-new Suzuki Ertiga, Poin Plus Pada Sisi Stabilitas

DENPASAR - All-new Suzuki Ertiga terbukti memiliki stabilitas yang cukup baik setelah melewati beberapa kondisi pengendaraan di Bali bagian selatan.

Mobil123.com menjadi salah satu peserta dalam test drive All-new Suzuki Ertiga media drive yang dilakukan di Bali pekan lalu. Pada kesempatan ini PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberikan kesempatan kepada awak media nasional dan lokal untuk mengeksplorasi model andalan mereka di kelas low MPV.

Salah satu yang menjadi andalan dalam pengembangan all-new Suzuki Ertiga adalah dari sisi rancang bangun. Sasis Heartect yang bersemayam dibalik body menjadi salah satu inovasi, disebut 10 persen lebih kaku dan membuat bobot menjadi lebih ringan 50 kg dibanding model terdahulu. Ini kemudian dipercaya memberikan feedback positif dalam hal stabilitas dan kenyamanan serta menjadi penunjang pada efisiensi.

Selama test drive, Mobil123.com merasakan benar dampak dari inovasi tersebut dan boleh dibilang menjadi kolaborator tepat bagi sumber tenaga baru berkode K15B berkapasitas 1.462 cc. Karakter mesin bertenaga 104,7 hp dan torsi 138 Nm dirasa dapat diterjemahkan dengan baik oleh sasis pada setiap kesempatan.

Pada pengendaraan dalam kota dan jalan bebas hambatan, pengemudi praktis dapat mengendalikan all-new Suzuki Ertiga dengan mudah. Unjuk kerja mobil secara keseluruhan tergolong baik, artinya mampu mengakomodir rasa nyaman seluruh penumpang dan cukup mantap saat melakukan manuver melewati beberapa tikungan baik di tol maupun di jalan-jalan sempit bagian Selatan Pulau Bali.

Gejala negatif berkendara seperti body roll sepertinya dapat diredam sempurna oleh sasis baru ini. Bahkan Mobil123.com merasakan sendiri saat melakukan kompetisi zig-zag yang dilakukan PT SIS di Pandawa Beach.

Tantangan pada kompetisi ini adalah jarak antar kun yang terbatas dan membawa boneka penumpang di child seat di baris kedua plus dituntut kecepatan waktu tempuh tercepat. Pada kesempatan ini all-new Suzuki Ertiga terasa begitu mudah untuk dikendalikan.

Efek understeer yang merupakan karakter khas gerak roda depan cukup terasa namun masih bisa diredam dengan perimbangan kecepatan. Dan akhirnya Mobil123.com menjadi yang terbaik pada kompetisi zig-zag ini.

Nilai positif lain yang didapat dari terapan sasis baru all-new Suzuki Ertiga terasa pada kekedapan kabin. Secara umum Mobil123.com merasakan sistem insulasi model terbaru jauh lebih baik dibanding versi lama. Vibrasi dari mesin, ruang roda, jalan dan lainnya terasa minim masuk ke dalam kabin.

Terakhir, para engineer Suzuki melakukan sedikit pengubahan pada ground clearence all-new Suzuki Ertiga yang lebih rendah hanya 5 mm dari model sebelumnya. Penyesuaian ini sepertinya dilakukan demi mendapatkan toleransi terbaik pada sisi stabilitas dan kenyaman. Terlalu mengada-ngada jika selisih tinggi seujung jari kelingking ini membuat daya jelajah all-new Suzuki Ertiga lebih terbatas dibanding pendahulunya. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar