Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Test Drive All New Honda HR-V: ‘Galak’ di Mandalika, Canggih di Jalan Raya

Review

Test Drive All New Honda HR-V: ‘Galak’ di Mandalika, Canggih di Jalan Raya

LOMBOK/BALI - Saat pertama membaca undangan test drive All New Honda HR-V di Sirkuit Mandalika, satu pertanyaan besar mengemuka: medium SUV satu ini memangnya cukup ‘kuat’?

Ya, Mobil123.com menerima invitasi test drive All New HR-V selama tiga hari, pada 23-25 Mei 2022 kemarin. Varian termewah dan tergarang, All New HR-V RS Turbo CVT, diuji di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Sementara, satu varian di bawahnya yaitu All New HR-V SE CVT dibawa berkeliling Bali.

Sekadar mengingatkan, HR-V generasi terbaru resmi mengaspal di Indonesia pada 23 Maret 2022. Adapun harga on the road (OTR) Jakartanya per Mei 2022 dimulai dari Rp362,9 juta (tipe S CVT), Rp382,9 (E CVT), Rp403,1 juta (SE CVT), Rp513,9 juta (RS Turbo CVT).

Lantas, apa jawaban dari pertanyaan itu? Bagaimana pula impresi mengendarai All New HR-V di jalan raya Bali? Berikut ulasannya.

'Kejutan' dari Varian Termewah di Mandalika

Di Sirkuit Mandalika, test drive berfokus pada performa All New HR-V RS Turbo CVT. Soalnya, ini merupakan satu-satunya tipe bermesin bensin 1.5-liter turbo.

Di atas kertas, tenaganya saja sudah berbeda 56 ps ketimbang tipe-tipe di bawahnya. Opsi termahal sekaligus tergarang All New HR-V ini berdaya maksimal 177 ps di kitiran 6.000 rpm, sedangkan mesin bensin 1.5-liter NA pada tipe-tipe lainnya 121 ps di 6.600 rpm.

Daya dorong All New HR-V RS Turbo pun lebih beringas 95 Nm. Torsi puncaknya 240 Nm di 4.500 rpm, sementara tipe-tipe di bawahnya 145 Nm di 4.300 rpm.

Sesaat sebelum memulai putaran di Sirkuit Mandalika, Mobil123.com mengatur mode berkendara ke setelan ‘Sport’ yang hanya ada di All New HR-V RS Turbo.

Perpaduan mode berkendara ‘Sport’, mesin turbo, plus transmisi otomatis CVT berteknologi Step-up Shift membuat akselerasinya cepat beranjak naik.

Kecepatan lebih dari 100 km per jam sudah dapat digapai di lintasan lurus, sebelum tikungan pertama, dengan putaran mesin di sekitar 4.000 rpm. Berita baiknya, teknologi Step-up Shift ini ada di semua tipe.

Mobil123.com lebih terkejut lagi ketika merasakan body roll yang terbilang minim. Padahal, tikungan demi tikungan dilibas dengan kecepatan antara 80-100 km per jam.

Ini, menurut Large Project Leader of All New Honda HR-V Honda Motor Co., Ltd., Automobile Operations, Monozukuri Center,  Yoshitomo Ihashi, turut dikontribusikan oleh sasis rigid, penyempurnaan pada suspensi, maupun perubahan dimensi.

“Dengan adanya penambahan panjang, tinggi, dan (ground clearance) lebih rendah, semakin membuat pengendaraan stabil,” pungkas dia.

Ketika keluar dari tikungan, akselerasi All New HR-V RS Turbo masih tidak kedodoran berkat Step-down Shift Control yang tugasnya antara lain ‘menjaga’ putaran mesin ketika sistem merasakan adanya tikungan. Untungnya, teknologi ini ada pula di semua tipe.

Honda tak lupa mempersilakan awak media membandingkan akselerasi All New HR-V RS Turbo dengan HR-V lawas bermesin bensin 1.8-liter di lintasan lurus 400 m. Hasil terbaik membukukan selisih 3 detik antara kedua model yaitu 16 detik berbanding 19 detik.

Merasakan Honda Sensing All New Honda HR-V di Bali

Di Bali, Mobil123.com merasakan kecanggihan teknologi Honda Sensing di All New HR-V SE. Pengalaman terbaik hadir ketika melintasi Tol Mandara.

Bagaimana tidak, fitur Adaptive Cruise Control with Low Speed Follow di dalam Honda Sensing membuat kecepatan mobil maupun jarak dengan kendaraan di depan terjaga secara otomatis, tanpa perlu mengoperasikan pedal rem dan gas.

Lalu, Lane Keeping Assist menahan mobil tetap berada di jalurnya.

Agar Adaptive Cruise Control tetap aktif, tangan minimal harus memegang lingkar kemudi setiap 10-12 detik sekali. Jika tidak, sistem akan memberikan peringatan.

Honda Sensing juga masih mempunyai fitur Collision Mitigation Braking System, Road Departure Migitation System, Auto High-Beam, Lead Car Departure Notification System. Teknologi tersebut sudah menjadi standar di semua tipe.

Di luar Honda Sensing, masih terdapat fitur-fitur baru yakni Hill Descent Control, Panoramic Sunroof, New AC Outlet, Electrostatic Touch LED Map Light atau lampu baca yang bisa nyala-mati dengan satu sentuhan ringan.

Kesimpulan dan Catatan

Jika harga sama sekali bukan isu dan Anda mencari All New HR-V tercanggih, termewah, serta tergarang, tentunya varian RS Turbo menjadi pilihan. Apalagi, masih ada fitur Electric Tailgate with Walk-Away Close yang bisa dibuka dengan sensor kaki pada bagian bawah.

Namun, pilihan paling value for money sebenarnya adalah tipe SE. Dengan poin perbedaan tak terlampau banyak (desain gril, mesin, jumlah airbag, material jok, mode berkendara, Electric Tailgate) selisih harga mencapai lebih dari Rp100 juta.

Bagi yang sekadar mencari medium SUV dengan teknologi canggih pun jangan khawatir. Tipe termurah All New HR-V sudah punya Honda Sensing.

Catatan tersendiri ada pada Panoramic Sunroof All New HR-V yang sudah ada mulai tipe SE.

Meski kini berukuran lebih besar dan mewah, cara buka-tutup sunshade Panoramic Sunroof-nya yang masih manual membuat aura kemewahan berkurang. Apalagi, cara buka-tutup sun-shade belakangnya terbilang ribet.

Kualitas audio All New HR-V tak ‘wah’, tapi juga tak jelek. Catatan terakhir dari hasil test drive adalah pengaturan tinggi-rendah maupun maju-mundur semua kursi di kabin yang masih manual. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang