Test Drive All New Honda Civic RS: Performa & Fiturnya Bikin Lupa Harga

Review

Test Drive All New Honda Civic RS: Performa & Fiturnya Bikin Lupa Harga

JAKARTA – Harga lebih dari setengah miliar rupiah untuk All New Honda Civic RS tentu tidak bisa dikategorikan murah. Tapi, besarnya nominal tersebut jadi terlupakan sejenak saat merasakan performa maupun fitur-fitur yang ada.

Civic generasi ke-11, yang di Indonesia hanya terdiri dari tipe RS, meluncur pada akhir Oktober 2021. Banderolnya Rp567 juta on the road (OTR) Jakarta.

Pada model yang sudah diulas sekilas dalam video Youtube Mobil123.com ini, ada kenaikan Rp34 juta. Padahal, pajak sedan turun jauh mulai 16 Oktober 2021.

Media test drive singkat pada Rabu (8/12/2021) kemarin dengan rute Jakarta-Serpong-Jakarta pun dilakukan untuk menjawab satu pertanyaan besar: sepadankah label harga tersebut?

Review Performa

Desain eksterior Civic generasi ke-11 yang tidak seprovokatif generasi ke-10 adalah masalah selera yang subyektif. Namun, urusan performa adalah sebuah hal yang mutlak.

Dapur pacu All New Civic RS masih menggunakan basis yang sama dengan model terdahulu. Akan tetapi, mesin 1.5-liter turbo DOHC i-VTEC di kap depan kini memiliki tenaga maksimal 178 ps (lebih besar 5 ps).

Torsi puncaknya ditingkatkan lebih signifikan lagi menjadi 240 Nm (lebih besar 20 Nm).

mesin All New Honda Civic RS

Meski menggunakan transmisi CVT, rasa berkendaranya di luar dugaan. Putaran bawahnya sudah terasa responsif, dengan akselerasi yang halus tapi sigap. Apalagi kalau sudah mencapai putaran menengah.

Padahal, Mobil123.com masih menggunakan mode berkendara ‘Normal’, belum ‘Sport’. Satu mode berkendara lainnya—yang sama sekali tidak diniatkan untuk dijajal—adalah ‘Eco’.

Kecepatan 120 km per jam dicapai saat putaran mesin tampak berada di kisaran 3.000-4.000 rpm, ketika melaju di tol menuju Serpong yang relatif sepi.

Ketika mode berkendara dipindahkan ke ‘Sport’, tarikannya sampai terasa ‘menjambak’. Mobil123.com berhasil menyentuh 200 km per jam di ruas tol Kunciran arah Serpong.

test drive All New Honda Civic RS

Suspensinya terbilang keras dan rigid. Bagi mereka yang suka mobil dengan kaki-kaki empuk, mungkin All New Civic RS bakal terasa kurangnya nyaman.

Tapi, suspensi ini amat prima diajak bermanuver. Body roll minim serta stabilitas All New Civic RS turut dibantu oleh penambahan jarak sumbu roda hingga 35 mm, mengimbangi penambahan panjang (48 mm), lebar (3 mm). Tinggi, di sisi lain, direduksi 1 mm.

Steering ratio All New Civic RS terasa kecil. Alhasil, kedua tangan hanya perlu memberikan sedikit arahan ke setir, dan sedan ini langsung ‘menurut’ dan mengikuti.

Fitur-fitur Canggih

Saat masuk ke kabin, Mobil123.com langsung terkesan dengan desain interior All New Civic RS khususnya pada bagian kisi-kisi AC yang tersembunyi di balik ornamen keren berbentuk sarang lebah. Tapi, fitur-fitur All New Civic RS makin menguatkan rasa itu.

interior All New Honda Civic RS

Bagaimana tidak, sedan ini sudah dilengkapi oleh Honda Smart Key Card. Perangkat berbentuk kartu ini bisa dijadikan pengganti remote dan kunci mobil konvensional untuk membuka pintu dan menyalakan mesin.

Jadi, jika ingin bepergian, membawa serta kartu itu saja sebenarnya sudah cukup.

Honda Smart Key Card di Civic RS 2021

Terdapat juga Walk Away Auto Door Lock yang mengunci pintu otomatis saat pengemudi meninggalkan kendaraan. Saat dipraktikkan, pintu terkunci sendiri tak sampai 10 langkah ketika Mobil123.com menjauh dari mobil.

Meter cluster Full TFT 10,2 inci All New Civic RS juga eksotis dan canggih. Layarnya turut menampilkan motor, truk, atau tikungan yang dideteksi oleh sensor-sensor canggih.

Honda LaneWatch menampilkan titik buta (blind spot) sebelah kiri di Head Unit 9 inci, ketika lampu sein ke arah itu dinyalakan. Ini menimbulkan rasa aman dan nyaman yang lebih ketika berkendara.

Honda LaneWatch pada All New Civic RS

Masih terdapat pula Electric Parking Brake (EPB) with Brake Auto Hold (BAH) dan teknologi bantuan pengemudian aktif Honda Sensing. Teknologi ini terdiri dari Collision Mitigation Brake System, Adaptive Cruise Control, Lane Keeping Assist System, Road Departure Mitigation System, Auto High Beam, Lead Car Departure Notification.

Adapun catatan pada All New Honda Civic RS dari test drive singkat adalah kualitas sistem audionya yang masih terbilang sangat biasa untuk sedan setengah miliar rupiah. Bunyi klaksonnya juga masih terkesan kurang premium.

Kesimpulan

Meski tampangnya tak lagi seprovokatif dan se-sporty model sebelumnya, All New Civic RS nyatanya makin memberikan performa berkendara sporty. Interiornya makin mewah, maskulin, dan dilengkapi berbagai fitur baru yang jauh lebih canggih ketimbang sebelumnya.

All New Civic RS bisa jadi akan sangat digemari orang-orang kaya yang masih suka menyetir sendiri. Label harga Rp567 juta pun diganjar oleh Honda dengan menyajikan performa berkendara yang amat asyik serta berbagai teknologi canggih.

Akan lebih paripurna lagi kalau Honda memperhatikan kualitas sistem audio dan kemewahan suara klakson untuk mobil semahal ini. [Xan/Ses]

Temukan mobil baru Honda di sini



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar