Tesla Roadster yang Dikirim ke Luar Angkasa Kini Ada Dekat Planet Mars

Berita Otomotif

Tesla Roadster yang Dikirim ke Luar Angkasa Kini Ada Dekat Planet Mars

WASHINGTON DC – Tesla Roadster yang dikirim ke luar angkasa oleh Elon Musk terus berpetualang menjelajahi semesta. Lokasi terakhirnya saat ini dilaporkan sudah berada dekat Planet Mars.

Sekadar mengingatkan, Roadster generasi pertama diterbangkan ke luar bumi dua setengah tahun lalu, tepatnya pada 6 Februari 2018, oleh Elon Musk sebagai Founder dan CEO Tesla. Tentu saja, hal tersebut dilakukan dengan menggunakan roket Falcon Heavy milik SpaceX, perusahaan yang juga ia dirikan.

Musk juga menempatkan boneka bernama Starman di kursi sopir Roadster. Boneka itu memakai prototipe baju luar angkasa bikinan SpaceX.

Roadster dan Starman, menurut akun Twitter resmi SpaceX pada 8 Oktober 2020 kemarin, sudah mulai mendekati Mars. Pada tanggal itu, keduanya hanya berjarak 0,05 astronomical units (sekitar 7,47 juta km) dari ‘planet merah’.

Untuk ukuran jarak di bumi tentu saja itu terlihat jauh. Tapi, dalam hal satuan ukur jarak di tata surya, angka itu terbilang dekat.

Roadster plus Starman kini berada lebih dekat ke Mars daripada ke bumi. Per 8 Oktober 2020, keduanya terpisah hampir 59,54 juta km dari bumi.

Jika Anda penasaran dan ingin mengikuti terus petualangan Roadster di luar angkasa, Anda bisa mengakses situs bernama ‘Where is Roadster’. Situs yang dioperasikan oleh programmer Ben Pearson tersebut melacak posisi mobil sport nihil emisi gas buang tersebut secara langsung.

Menurut situs itu, Roadster berjarak sekarang berjarak sekitar 207,60 juta km dari matahari. Mobil menjelajah luar angkasa dengan kecepatan 21.947 km per jam.

Dengan kecepatan segila itu plus kondisi luar angkasa yang tentunya amat berbeda dari bumi, menarik mengetahui bagaimana kondisi terkini dari mobil dan si boneka. Sayangnya, SpaceX belum pernah merilis dokumentasi terkait hal tersebut.

Musk diketahui sebagai sosok yang visioner dan nyentrik. Ketika mengirim mobil Tesla ke luar angkasa, salah satu orang terkaya dunia itu memasang lagu ‘Space Oddity’ serta ‘Is There Life On Mars’ di telinga kiri serta kanan dari Star Man.

Ia pernah mendapat sorotan ketika menghisap ganja di siaran langsung podcast. Musk juga pernah mengatakan mengenai ekspansi manusia ke Mars. Terkini, ia berbicara soal menanam chip di otak manusia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar