Tesla Model S Bisa Dicuri Dalam Waktu Kurang dari 30 Detik

Berita Otomotif

Tesla Model S Bisa Dicuri Dalam Waktu Kurang dari 30 Detik

LONDON - Sebuah kamera keamanan di Inggris menunjukkan maling mobil bisa mencuri Tesla Model S dalam waktu kurang dari 30 detik.

Sama seperti berbagai mobil model belakangan ini, Tesla Model S telah menggunakan keyless entry and start system. Dengan fitur ini maka kendaraan dapat membuka pintu tanpa anak kunci dan memberikan kuasa penuh pada operator pada kendaraan.

Secara teori, fitur ini memang membuat mobil menjadi lebih aman karena tidak akan bisa menyala sembarangan, tapi ternyata maling juga semakin canggih. Fitur keamanan ini berhasil mereka retas hanya dalam beberapa detik saja hanya dengan menggunakan beberapa alat yang terbilang sederhana.

Maling-maling tersebut hanya membutuhkan alat relay dan kabel didekatkan ke rumah. Jika kunci kendaraan dekat dengan lokasi mereka, maka alat relay dapat menyalin sinyal dari kunci dan mengirimkannya ke pencuri kedua di sebelah mobil. Dalam hitungan detik, maling pun dapat membuka kunci pintu dan pergi.

Sebenarnya memang sudah ada studi dari German General Automobile Club terkait hal ini. Berdasarkan studi mereka ditermukan bahwa 230 dari 237 kendaraan keyless  dapat dicuri dengan mudah. Bahkan dapat studi mereka ditemukan, rata-rata maling hanya membutuhkan 18 detik untuk mencuri mobil.

Kemudahan dalam mencuri mobil ini tentu saja harus menjadi perhatian bagi produsen untuk menciptakan mobil yang lebih aman dari maling. Sangat disayangkan bila mobil dengan harga ratusan juta justru sangat mudah untuk dicuri.

.

[Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar