Terungkap, Alasan All New Honda HR-V Rakitan Indonesia Tak Ikut Diekspor

Berita Otomotif

Terungkap, Alasan All New Honda HR-V Rakitan Indonesia Tak Ikut Diekspor

LOMBOK - All New Honda HR-V, seperti juga Honda Brio dan All New Honda BR-V, sudah dirakit di Indonesia. Namun, kenapa yang diekspor hanya dua model yang disebut belakangan?

Business Innovation, Sales, and Marketing PT. Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy menjelaskan bahwa sejauh ini pihaknya hanya mengekspor model yang dikembangkan khusus untuk Indonesia, tapi kebetulan diminati juga oleh negara lain.

Adapun All New HR-V, yang meluncur untuk konsumen domestik pada 23 Maret 2022 kemarin, sejak awal pengembangannya merupakan model untuk pasar global dan dirakit pula di berbagai negara lain.

Honda HR-V 2022

“HR-V ini model global. Beda dengan Brio dan BR-V. Dua itu dikembangkan untuk konsumen di Indonesia, tapi negara-negara lainnya me-request (meminta),” ucap Billy merespons pertanyaan Mobil123.com di sela-sela Media Test Drive All New HR-V, Senin (23/5/2022) di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Sekadar informasi, Honda pertama kali mengekspor mobil dalam bentuk unit utuh (Completely Built Up/CBU) dari Indonesia pada 2011-2014. Modelnya adalah Honda Freed yang kini sudah tak lagi dijual untuk konsumen Tanah Air.

Setelah lima tahun ‘absen’, pada 2019 ekspor dari Indonesia dilanjutkan lagi dengan model Brio ke negara-negara ASEAN yaitu Filipina plus Vietnam.

Lalu, mulai pertengahan Maret 2022, giliran BR-V generasi terbaru yang diekspor CBU.

Honda BR-V 2022

Kendaraan di segmen low sport utility vehicle (LSUV) tersebut dikapalkan untuk dijual di luar negeri setelah mengaspal di pasar domestik pada September 2021, kemudian diproduksi mulai Januari tahun ini.

“BR-V itu diminta oleh 30 negara. Kami punya rencana (mengekspornya) ke 30 negara tapi tahun ini baru 11. (Ekspor) ditambah terus sampai tahun depan ke 30 negara. Naik terus. Sejak kami meluncurkannya, mereka pada mau,” papar Billy bangga.

Enam dari 10 model mobil Honda yang dijual di Indonesia sudah dirakit secara lokal. Adapun model-model itu ialah Brio, City hatchback RS, All New HR-V, CR-V, Mobilio, dan All New BR-V.

Empat lainnya yaitu Accord, Civic Type R, All New City, dan All New Civic RS masih diimpor CBU dari berbagai negara. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar