Tertib Berkendara di Jepang Bisa Dapat Kopi Gratis

Berita Otomotif

Tertib Berkendara di Jepang Bisa Dapat Kopi Gratis

NAGOYA – Toyota, KDDI Corporation dan Komeda Coffee berkerjasama untuk mengurangi kecelakaan di jalan raya.

Ketiga pihak tersebut akan meluncurkan aplikasi yang akan mengganjar pengemudi yang tertib dengan kopi gratis. Menurut Toyota, ini adalah proyek pertama di Jepang untuk mengurangi jumlah kecelakaan akibat pengemudi yang menggunakan telepon genggam. Di negeri Sakura tersebut, angka kematian yang disebabkan karena pengemudi yang menggunakan telepon cukup tinggi.

Aplikasi yang digarap oleh tiga pihak tersebut sebenarnya cukup praktis. Cukup dengan menginstalnya dari smartphone, taruh telepon menghadap ke bawah, dan biarkan aplikasi tersebut berkerja tanpa menyentuhnya.

Artikel bersambung dibawah

Aplikasi ini menggunakan sensor gyroscopic yang akan mengetahui jika Anda menyentuh alat komunikasi. Jika Anda mencapai jarak 100 kilometer tanpa menyentuh ponsel, maka Anda berhak mendapatkan secangkir kopi secara cuma-cuma. Jika menempuh jarak 200 kilometer maka Anda berhak mendapatkan secangkir kopi lagi dari Komeda Coffee.

Diluar Jepang, aplikasi seperti ini sebenarnya bukanlah hal baru. Seorang mahasiswa di Universitas Middlebury menawarkan aplikasi serupa yang bernama JoyRyde. Bedanya, aplikasi tersebut menawarkan poin reward yang dapat ditukarkan berbagai produk.

Kecelakaan yang disebabkan berkurangnya konsentrasi pengendara akibat smartphone, menjadi momok hampir di seluruh negara. Kopi sendiri menjadi motivator yang kuat bagi banyak orang. Selain untuk menghilangkan ngantuk, di Indonesia, kopi dianggap sebagai gaya hidup.

Seandainya aplikasi ini diterapkan oleh Starbucks, bisa dipastikan akan berpengaruh untuk mengurangi angka kecelakaan di jalan raya. Di Jepang, aplikasi kopi seperti ini, sangat membantu perusahaan asuransi. [Dew/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual