Terpesona Kelincahan Suzuki Celerio

Berita Otomotif

Terpesona Kelincahan Suzuki Celerio

BOGOR - Usai PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi meluncurkan Suzuki Celerio, Mobil123 diajak Suzuki merasakan city car berteknologi CVT (Continuously Variable Transmission) di Eco Art Park Sentul City, Bogor, Jawa Barat.

Suzuki Celerio yang dikembangkan sebagai city car tersebut menawarkan sejumlah keunggulan. Yang paling membuat penasaran adalah teknologi CVT-nya. Pasalnya jarang ditemui teknologi CVT pada mobil di kelas 1.0-liter. Kesempatan ini tidak kami sia-siakan.

Eksterior Suzuki Celerio diklaim menawarkan nuansa sporty dan stylish dengan garis-garis tajam di setiap sisinya. Tengok desain grille hitam dengan aksen chrome. Lampu depan mengadopsi halogen multireflektor. Belum lagi disokong roda 14" dengan 6 spoke serta High mount LED stop lamp di ducktail.

Saat memasuki ruang kemudi city car dengan panjang 3.600mm, lebar 1.600mm, tinggi 1.540mm, serta ground clearance 145mm ini, pengemudi dengan tinggi badan 168 cm tidak merasa kesulitan.

Mobil123 bisa merasakan posisi duduk yang nyaman. Sementara penumpang di bagian depan dengan tinggi badan 170 cm bisa bersandar dengan nyaman. "Lumayan, enggak terasa sempit," tutur salah satu rekan media.

Makmur, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales menegaskan, city car Celerio didesain sedemikian rupa agar bisa menampung 5 penumpang dewasa. "Suzuki Celerio, meski kecil tapi kabin penumpangnya lega. Anda bisa merasakan kelapangan ketika berada di dalamnya," tegas Makmur.

Instrument cluster didesain sangat sederhana. Kita bisa melihat posisi rpm ada di sebelah kiri, pengukur kecepatan berada di tengah sementara pemasangan panel MID berada di paling kanan. Fitur audio dan ac juga mudah dijangkau dan difungsikan. Audio unit pada Suzuki Celerio bisa memutar radio, MP3 dan dilengkapi oleh USB serta AUX dan CD.

Nah, untuk Suzuki Celerio transmisi CVT Rp 158 juta satu ini sudah dilengkapi fitur keselamatan Dual SRS Airbag. Suzuki Celerio didatangkan dari Thailand ini memiliki kapasitas bagasi hingga 254 liter. Alhasil, bagi Anda penyuka pleserian bisa membawa barang bawaan. Bila perlu kursi baris kedua bisa dilipat untuk menambah ruang bagasi.

Saatnya menjajal mesin kecilnya. Mobil123 langsung mengarahkan city car ini ke jalan padat kendaraan. Karena menggunakan transmisi CVT, Mobil123 tidak perlu sibuk memainkan tuas transmisi. Cukup pindahkan tuas transmisi ke posisi D (drive).

Mobil dijalankan dengan kecepatan antara 40-60 km/jam. Berkat teknologi CVT perjalanan pun sangat mulus. Mau mesin lebih responsif cukup pencet tombol S di tuas transmisi. Dengan sekali pencet, jarum RPM langsung naik, dan mesin langsung merespon. Mobil semakin enak dikendarai meliuk-liuk di jalan padat kendaraan kala itu.

Dari sisi handling, Suzuki Celerio cukup mudah melibas kondisi jalan yang ramai. Saat menikung juga mudah karena setirnya lumayan ringan pluas radius putar sebesar 4,7 membuat mobil ini semakin mudah untuk memutar balik.

Nah, di saat semua ingin membuktikan performa mesin city car, Mobil123 malah memilih perjalanan santai. Toh, Suzuki Celerio adalah mobil kecil untuk perkotaan. Jadi buat apa menguji performa mesin hingga kecepatan tertinggi. Santai saja, dengan kecepatan 80 kpj juga sudah bisa merasakan kenikmatan berkendara. Kabin penumpang pun terasa senyap meski mencapai kecepatan 80 kpj. Rasanya ini yang dibutuhkan pemilik Suzuki Celerio.

Sayangnya, suspensi Suzuki Celerio kurang menyajikan kenyamanan. Suspensinya agak keras dan mengakibatkan mobil kurang nyaman saat melibas jalan rusak dan marka jalan. Suzuki agaknya merevisi bagian ini.

Sekedar informasi Suzuki Celerio diakui sudah memenuhi standar keamanan untuk melindungi pengemudi dan penumpang. Kendaraan ini memiliki 3-point ELR seatbelts in front dan 3-point ELR seatbelts x 2, 2-point seatbelt for centre seat, dan juga rem ABS, Child Proof Rear Door Locks, serta Keyless Entry, Security Alarm dan Immobilizer.

Suzuki Celerio semakin sempourna dengan TECT (Total Effective Control Technology) yang memaksimalkan kekuatan rangka kendaraan untuk menyerap benturan secara maksimal ketika terjadi benturan dari depan, samping dan belakang. Ini bukti bahwa mobil kecil juga bisa memberikan perlindungan maksimal kepada penghuni kabin.

Uji coba ini cukup membuktikan jika mobil compact ini mumpuni untuk pasar mobil Indonesia. Kemampuan mobil kecil ini tidak diragukan lagi. Eksterior maupun interior, dan teknologi CVT menjawab rasa penasaran para fans Suzuki di Indonesia. Harganya juga relatif terjangkau. Namun bagi Anda risih dengan transmisi otomatis bisa memiliki Suzuki Celerio transmisi manual dengan harga Rp 146 juta. Menarik kan?. [Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter.



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual