Ternyata Mobil Otonom Gampang Dibodohi

Berita Otomotif

Ternyata Mobil Otonom Gampang Dibodohi

WASHINGTON – Professor Yoshi Kohno dari University of Washington Computer-security Research membuktikan mobil otonom dengan mudah dibodohi.

Hampir semua pabrikan mobil di dunia beramai-ramai membuat mobil otonom. Generasi terbaru dari sebuah kendaraan ini mulai banyak diterapkan di beberapa negara. Selain efisien, kendaraan jenis tersebut dianggap mampu mengurangi angka kecelakaan.

Namun dalam sebuah penelitian yang dilakukan professor Yoshi Kohno, di University of Washington di fakultas Computer-security Research membuktikan, bahwa mobil otonom tidak sepenuhnya aman digunakan di jalan raya.

Mobil otonom yang mengandalkan kamera untuk melihat petunjuk-petunjuk jalan menjadi salah satu kelemahannya. Menurutnya sistem ini dengan mudah dikerjai orang sehingga dapat berakibat fatal bagi penggunanya maupun pedestrian.

Sebagai contoh, Ia menggunakan beberapa stiker kecil di beberapa bagian petunjuk jalan. Hasilnya mobil otonom tidak bisa membaca tanda peringatan di jalanan. Sebagai contoh, Ia menggunakan berbagai macam stiker tersebut pada petunjuk jalan berbunyi stop.

Bekerjasama dengan rekannya di University of Michigan dan California, mereka menunjukkan bahwa hasil penelitian yang dilakukan, memiliki tingkat keberhasilan sebesar 73,3 persen. Tanda batas kecepatan di suatu jalan tidak diindahkan oleh mobil otonom tersebut.

“Serangan terhadap mobil otonom menggunakan trik yang kami lakukan sebenarnya dapat dicegah dengan peta digital. Tapi banyak dari produsen mengandalkan sensor dan kamera pada mobil otonom mereka. Inilah yang menjadi kelemahan kendaraan tersebut,” ujar Kohno seperti dikutip Car and Driver.

Teknologi mobil otonom sendiri disebut-sebut masih jauh realisasinya di Tanah Air oleh beberapa produsen. Mereka berpendapat kurangnya marka jalan dan petunjuk yang memadai membuat kendaraan jenis ini susah beradaptasi.

Perilaku berkendara yang tidak tertib juga dapat menjadikan mobil otonom berbahaya bagi orang banyak. Bahkan dengan alasan tersebut, beberapa manufaktur meniadakan fitur-fitur canggih dalam hal keselamatan tentunya di produk-produk mereka. [Dew/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123          
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual