Terminal-Terminal Bus Akan Dipermak Hingga Senyaman Bandara

Berita Otomotif

Terminal-Terminal Bus Akan Dipermak Hingga Senyaman Bandara

JAKARTA – Pemerintah akan gencar merevitalisasi terminal-terminal bus agar senyaman bandara.

Cucu Mulyana, Sekretaris Direktorat Jendral Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, mengatakan pemerintah sudah memberikan perhatian khusus terhadap sarana dan prasarana angkutan bus. Pada tahun ini, mereka sudah melakukan revitalisasi 49 terminal agar lebih nyaman.

Aksi tersebut akan berlanjut pada 2020. Kementerian Perhubugan menurutnya akan merevitalisasi terminal di banyak daerah.

“Tahun depan kami akan melakukan revitalisasi terminal-terminal. Terminal-terminal itu nantinya kami desain senyaman bandara. Kami desain khusus supaya enggak kayak kotak yang disekat-sekat saja. Tidak begitu lagi. Kami desain supaya pengguna jasa nyaman,” ucap dia usai konferensi pers Rencana Operasi Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 pada awal pekan ini di Kementerian Perhubungan, Jakarta.

Ada 16 terminal yang akan direvitalisasi pada tahun depan sebagai tahap pertama. Anggaran yang pemerintah siapkan di tahap ini mencapai lebih dari Rp 300 miliar.

“Sekitar Rp 350 miliar. Untuk 16 terminal,” tukasnya.

Di Pulau Jawa, terminal yang akan dipermak berdasarkan keterangan Cucu antara lain adalah Terminal Pakupatan (Serang, Banten), Terminal Harjamukti (Cirebon, Jawa Barat), juga terminal-terminal di Tegal maupun Purwokerto. Adapun yang di Pulau Jawa contohnya ialah Terminal Amplas (Medan, Sumatera Utara), Terminal Rajabasa (Bandar Lampung, Lampung).

Penjualan Tiket Online
Cara penjualan tiket bus pun akan diperbarui sesuai perkembangan zaman. Kementerian, menurut Cucu, akan terus meningkatkan akses pembelian tiket melalui jalur daring (online).

“Sistem penjualan elektronik itu adalah suatu keniscayaan yang harus kami lakukan,” tandasnya.

Saat ini, tambah Cucu, sudah ada enam aplikasi jual-beli online yang melakukan penjualan tiket.

“Kemarin sebenarnya sudah ada enam aplikasi yang mulai lakukan penjualan tiket online. Dari mulai Traveloka, RedBus, Easybook, Sejalan, dan lain-lain,” tukas dia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support